Ibu Risma Berbagi Cerita Sukses Pembangunan Kota Surabaya di KJRI New York

KJRI New York telah mengundang Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini untuk mengadakan ramah tamah dan jamuan makan malam bersama sekitar 50 warga Indonesia di kota New York pada Senin, 16 Mei 2016. Delegasi Pemkot Surabaya berada di New York untuk menghadiri Preparatory Committee Meeting di PBB dalam rangka memperkenalkan dan mempersiapkan kota Surabaya sebagai tuan rumah Preparatory Committee III UN Habitat pada 25-27 Juli mendatang.

 

Pada kesempatan ini, Ibu Walikota berbagi cerita pembangunan good governance di kota Surabaya sejak beliau menjabat pada tahun 2010 hingga saat ini. Terlihat pada paparan beliau, foto-foto perkembangan terakhir kota Surabaya yang kini semakin tertata, bersih, sehat, hijau yang membuat kota kedua terbesar di Indonesia tersebut mendapat predikat sebagai green city, smart city, integrated city, kota layak anak atau dengan kata lain sebagai the most livable and vibrant city in Indonesia.

 

Sistem pelayanan pemerintah berbasis internet yang efektif dan efisien serta transparan juga menjadi salah satu keunggulan kota Surabaya. Di bidang pendidikan, Pemkot berhasil memberikan pendidikan gratis bagi pelajar SD, SMP hingga SMA, merenovasi gedung sekolah menjadi vertikal sehingga menyisakan banyak ruang untuk membangun fasilitas pendidikan lain agar para siswa dapat menyalurkan bakatnya kepada hal-hal positif seperti olahraga dan seni. Selain itu di Surabaya, ujian siswa SD hingga SMA sudah dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) untuk menghindari kecurangan dan hasilnya langsung dapat diketahui pada saat itu juga serta hasil pendidikan siswa dapat dengan mudah diakses oleh orang tua secara online.

 

Pemkot Surabaya juga giat dalam mendukung pemberdayaan perempuan sebagai penggerak ekonomi. Hal ini dilakukan Ibu Risma dengan turun langsung memberikan pendidikan entrepreneurship kepada ibu-ibu warga Surabaya hingga sekarang banyak di anatara mereka yang memiliki usaha mandiri dengan omzet mencapai jutaan rupiah per bulan.

 

"Kita adalah pelayan masyarakat" begitu ujar Ibu Risma kepada seluruh stafnya. Semangat inilah yang mendasari Pemkot Surabaya untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masayarakat. Dan Surabaya telah berhasil membuktikan bahwa baiknya pelayanan pemerintah menunjukkan komitmen pemerintah kepada rakyatnya sehingga rakyat yang merasakan manfaatnya dengan sukarela mendukung program pemerintah demi kesejahteraan bersama.  (Sumber: KJRI New York)