Tim Indonesia Raih Juara Umum Dalam Kompetisi Matematika the 3rd WIZMIC 2009

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tim Indonesia telah mengikuti Kompetisi Matematika Internasional III-2009 atau "The 3rd WIZMIC 2009 (Wizard at Mathematic International Competition 2009)" di Lucknow, India pada 27-30 Oktober. WIZMIC merupakan ajang Kompetisi Matematika Internasional untuk siswa berumur di bawah 14 tahun (SMP) yang diselenggarakan di Lucknow, India sejak tahun 2005.
 
Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh City Montessori School, Lucknow, India, yang bertujuan untuk menyediakan landasan interaksi matematika di tingkat dasar dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk memunculkan talenta-talenta baru serta mengembangkan kesadaran di tingkat sekolah guna mengembangkan kurikulum matematika mereka. WIZMIC juga merupakan ajang untuk mempromosikan perdamaian dan persahabatan internasional dengan mengajak anak-anak berpartisipasi dalam kompetisi yang sehat dan positif.
 
Tim Indonesia terdiri dari 19 murid-murid pilihan dari seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Ibu Elvira, Koordinator Olimpiade Tingkat SD Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional RI dengan sejumlah pembimbing dan pelatih matematika dari Indonesia. 
 
Dalam kompetisi tersebut, Tim Indonesia meraih peringkat juara umum setelah sebelumnya memenangkan 10 medali emas, sembilan perak, dan lima perunggu dalam kategori Individual Prize. Selain itu, tim Indonesia juga mendapat penghargaan tertinggi yakni Overall Champion untuk kategori Group Prize. Adapun keseluruhan peserta WIZMIC berjumlah 207 peserta atau 52 tim dari sembilan negara di Asia.
 
Selain itu, Duta Besar RI New Delhi telah mengundang Tim Indonesia untuk mengahdiri dialog dan makan malam di KBRI New Delhi pada tanggal 2 November 2009. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI New Delhi mengucapkan selamat dan ungkapan kebanggaan kepada seluruh tim yang telah membawa nama baik Indonesia di kompetisi internasional.

New Delhi, 3 November 2009