Pelatihan mengenai Pariwisata Indonesia kepada Travel Agent India

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI New Delhi bekerjasama dengan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) India telah menyelenggarakan kegiatan “Training on Indonesia for Tour Operators” pada tanggal 22 April 2010 di Ruang Rapat KBRI New Delhi. Pelatihan tersebut merupakan program rutin yang telah dilaksanakan KBRI dan VITO setiap bulan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan para travel agent/tour operator India mengenai potensi pariwisata Indonesia agar mereka dapat lebih maksimal dalam menjual produk-produk pariwisata Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 15 travel agent/tour operator India dan dibuka oleh KUAI KBRI New Delhi/Minister Counsellor Pensosbud yang menyampaikan bahwa India dan Indonesia memiliki banyak persamaan sejarah dan budaya. Selain itu, dengan jumlah penduduk yang cukup besar dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesat, Indonesia juga memandang India sebagai pasar yang sangat potensial bagi sektor pariwisata. Oleh sebab itu, KBRI menghargai bantuan VITO dalam upaya-upaya promosi Indonesia di India, seperti kegiatan training tersebut.

Hadir sebagai pembicara dalam training tersebut adalah Ms. Vani Singh (Marketing Manager VITO-India) yang memberikan pemaparan mendalam mengenai objek-objek pariwisata Indonesia, proses mendapatkan visa Indonesia, tips-tips dalam melakukan perjalanan ke Indonesia, dan hal-hal lain terkait dengan promosi potensi pariwisata Indonesia.

Pada sesi tanya jawab, terdapat beberapa hal yang mengemuka seperti kesulitan yang sering ditemui oleh wisatawan India dalam mendapatkan Visa on Arrival di beberapa airport Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh masih kurang tanggapnya petugas yang ditempatkan di loket Visa on Arrival serta panjangnya antrian di loket. Hal lain adalah tidak adanya penerbangan langsung (direct flight) yang menghubungkan India dengan Indonesia. ***