Kunjungan Menteri Perdagangan RI ke India

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 3-4 September 2009 telah diselenggarakan Pertemuan Informat Tingkat Menteri (PITM) atau Informal Ministerial Meeting on Re-energizing Doha: A Commitment to Development. Delri pada Pertemuan tersebut dipimpin oleh Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu.

Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperkuat komitmen negara anggota WTO bagi penyelesaian perundingan Putaran Doha. Urgensi untuk menyelesaikan negosiasi sangat penting dalam rangka proses pemulihan dari krisis global dan mencegah meningkatnya proteksionisme. Pertemuan ini juga dilakukan agar ada kemajuan yang konkrit sebelum pertemuan Kepala Negara G-20 di Pittsburgh pada minggu ketiga September 2009.

Untuk menyatukan langkah, sebelum PITM, Indonesia sebagai koordinator G-33 pada tanggal 3 September 2008 secara khusus telah melakukan pertemuan informal dengan negara-negara anggota G-33 yang diundang dalam PITM. Pertemuan dimaksudkan sebagai sarana koordinasi dan pertukaran pandangan tentang berbagai isu dan bagaimana memajukan pembahasannya dalam proses perundingan. Sebagai koordinator G-33, Menteri Perdagangan RI menyerukan bahwa semua negara yang hadir dalam pertemuan ini dan disebut sebagai 'koalisi pelangi' harus dapat memperkuat momentum politik dan yang lebih penting lagi harus dapat menggambarkan road map yang solid dan jelas guna mencapai keberhasilan Putaran Doha.

Pertemuan menghasilkan suatu Chair's Summary yang intinya berisi penegasan kembali keinginan anggota WTO untuk menyelesaikan Putaran Perundingan Doha pada tahun 2010. Kesimpulan tersebut diambil oleh Ketua Sidang, Menteri Perdagangan India, Anand Sharma, setelah dilakukan pembahasan secara mendalam di antara para menteri mengenai bagaimana menterjemahkan kemauan politik yang ada ke dalam proses perundingan di Jenewa. Secara politis, hasil PITM juga akan menjadi masukan yang berharga bagi pertemuan Kepala Negara G-20 pada September mendatang.
Di sela-sela pelaksanaan PITM, Menteri Perdagangan RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perekonomian Swiss, Doris Leuthard untuk membahas beberapa isu seperti: penyelesaian Putaran Doha, Economic Free Trade Area (EFTA) dan upaya peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Selain itu, Menteri Perdagangan RI juga menyempatkan untuk menghadiri makan malam bersama Masyarakat Indonesia di New Delhi dan sekitarnya pada tanggal 3 September 2009 bertempat di Wisma Duta KBRI New Delhi. Pada kesempatan tersebut, Menteri Perdagangan RI juga melakukan dialog dengan Masyarakat RI di New Delhi mengenai isu-isu perdagangan RI-India.
 
New Delhi, 7 September 2009