Jaringnews.com

8/22/2014

?NEW DELHI, Jaringnews.com - Hubungan bilateral Indonesia dan India yang terjalin baik selama ini menempatkan India sebagai negara mitra strategis yang sangat penting bagi Indonesia. Selama sepuluh tahun terakhir, terang Ketua DPD RI, Irman Gusman, hubungan kerjasama perdagangan kedua negara menunjukkan tren yang sangat positif.

Hal ini disampaikannya saat memimpin kunjungan balasan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI ke India. Delegasi DPD RI diterima oleh Federation of India Chambers of Commerce and Industry (FICCI) di New Delhi, India, Jumat, 22/8.
Irman mengatakan upaya mempererat hubungan dagang dengan India dapat terus dilakukan untuk meningkatkan investasi, transfer pengetahuan dan mengembangkan kapasitas antara dua negara tersebut.
"Nilai perdagangan Indonesia dan India meningkat sekitar 500 % dari tahun 2005 ke tahun 2014. Fakta yang sangat membahagiakan untuk Indonesia," ujar Irman.
Lebih lanjut Irman menambahkan, sesuai dengan semangat otonomi daerah, DPD berharap kerjasama yang lebih erat dapat berlangsung dengan pemerintah daerah, dengan investasi di bidang manufaktur, perdagangan, pariwisata, teknologi dan pendidikan.
Disisi lain, Irman juga berharap kerjasama antara Indonesia dan India tidak hanya berlangsung di sektor perdagangan, tapi juga disektor lain seperti pendidikan, investasi, teknologi,pertanian dan sebagainya juga terus meningkat sehingga manfaat yang lebih luas dapat dinikmati oleh kedua negara
"Kedua negara ini memperjuangkan keadilan sosial,kemanusiaan dan persamaan semua kedudukan semua bangsa, menentang penjajahan dan sebagainya," ungkap Irman.
Bersama Ketua DPD RI, turut hadir Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI, Sofwat Hadi dan Anggota PURT DPD RI antara lain, Asri Anas, Ahmad Subadri, Hana Hasanah Fadel Muhammad. Selama kunjungan, Duta Besar LBBP RI untuk Republik India, Drs. Rizali Wilmar Indrakesuma turut mendamping.

Johannes Sutanto de Britto (Berita Internasional/Jaringnews.com?)
Link: 
http://jaringnews.com/internasional/asia/65527/indonesia-india-perlu-tingkatkan-kerjasama-perdagangan-hingga-tingkat-daerah