Uganda International Trade Fair

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Uganda International Trade Fair, 6-12 Oktober 2009
KBRI Nairobi bekerjasama dengan Indomie telah berpartisipasi pada Pameran Dagang Internasional Uganda (Uganda International Trade Fair-UITF) 2009 pada tanggal 6-12 Oktober 2009 di Kampala, Uganda. UITF merupakan kegiatan tahunan yang sejak 1992 telah diselenggrakan oleh Uganda Manufacturer’s Association (UMA).
 
Untuk kegiatan tahun ini, UITF diikuti oleh 900 peserta, termasuk kelompok usaha besar di Uganda seperti kelompok Madhvani, Mehta dan Alam, dan 32 peserta internasional seperti Kenya, China, Thailand, Turki, UEA, Inggris, Indonesia, Mesir dan negara-negara lain. Jenis bidang usaha yang dipamerkan termasuk industri manufaktur, elektronik, produk pertanian-peternakan dan peralatannya, produk kayu, produk kulit, tekstil dan garmen, produk makanan dan minuman, jasa informasi dan telekomunikasi, pendidikan, mobil-motor, konstruksi-perumahan dan pembangunan.
 
Pameran secara resmi dibuka pada 7 Oktober 2009 oleh tamu kehormatan, Perdana Menteri Apollo Nsibambi yang sempat mengunjungi sejenak Gedung Alam Group, di mana stand Indonesia juga berada. Respons terhadap Pameran ini dari masyarakat bisnis dan umum sangat baik, terlihat dari tingkat kehadiran yang mencapai 300.000 pengunjung yang meningkat dari 200.000 pada tahun lalu (menurut data UMA). Pameran diawali dengan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk melakukan pertemuan intensif melalui business networking workshop dari 6-8 Oktober 2009.
 
Stand Indonesia memamerkan beberapa produk seperti obat-obatan dari Temposcan serta brosur mengenai produk manufaktur lainnya. Selain itu juga dipamerkan produk kerajinan/kesenian Indonesia seperti kemeja Batik dan perabotan ukiran dsb. Umumnya minat masyarakat Uganda terhadap Indonesia sangat tinggi, terutama dari mereka yang sebelumnya sama sekali tidak atau sangat sedikit memiliki pemahaman tentang Indonesia. Mereka yang sudah mengenal Indonesia menaruh minat terhadap Pameran Dagang di Indonesia pada akhir Oktober-awal November mendatang. Perwakilan Indomie juga memamerkan produk-produknya dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat setempat. Selain itu kelompok pengusaha Indonesia berbasis di Kampala, “Indo-Bali Distributors”, juga membuka stand di main exhibition hall II, memamerkan berbagai produk makanan dan batere yang kini tersedia di Uganda dan wilayah lainnya seperti DRC dan Rwanda.