Peringatan HUT RI ke-64 di Nairobi, Kenya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Suasana penuh khidmat mewarnai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-64 di halaman KBRI Nairobi, pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2009. Upacara yang dipimpin oleh Duta Besar RI, Budi Bowoleksono, tersebut diikuti oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari staf KBRI Nairobi, Dharma Wanita Persatuan, masyarakat Indonesia di Nairobi, serta beberapa biarawati Indonesia di Kenya.
 
 Seusai upacara, pada siang harinya diselenggarakan resepsi HUT RI di Wisma Indonesia Nairobi yang dihadiri oleh para anggota komunitas diplomatik di Nairobi, pejabat dan anggota parlemen Kenya serta anggota parlemen Somalia. Turut hadir pula beberapa jurnalis dari media setempat dan kantor berita Reuters di Kenya. Resepsi HUT RI pada siang hari dilakukan dengan pertimbangan keamanan. Sebagian besar perayaan hari nasional oleh kedubes lain di Nairobi juga diselenggarakan pada siang hari.
 
 Resepsi dibuka dengan kata sambutan Dubes Nairobi yang kemudian diikuti oleh paduan suara anak-anak Indonesia di Nairobi yang menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Untuk resepsi tahun ini, KBRI Nairobi menyuguhkan berbagai makanan tradisional Indonesia seperti gado-gado, sate kelapa, dan nasi tumpeng, yang walaupun asing bagi para tamu, tetap mendapatkan antusiasme dan apresiasi tinggi. Para tamu juga banyak menyampaikan apresiasi atas keindahan Wisma Indonesia yang menjadi tempat acara.
 Rangkaian acara kemudian ditutup dengan upacara penurunan bendara di halaman KBRI Nairobi. Secara keseluruhan, perayaan HUT RI ke-64 telah berjalan dengan lancar dan meriah. Selain memberikan kesempatan bagi para warga Indonesia di Nairobi dan sekitarnya untuk merasakan khidmat dan suka cita kemerdekaan, acara juga diharapkan akan meningkatkan recognition dan awareness masyarakat Kenya atas Indonesia.
 
(Sumber: KBRI Nairobi)