Palang Merah Remaja Indonesia Dapatkan Penghargaan Internasional di Nairobi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 20 November 2009 di Nairobi, Kenya, Palang Merah Indonesia c.q. Palang Merah Remaja telah menerima penghargaan “Youth on the Move” dari International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (Palang Merah Internasional / IFRC) untuk kategori “Healthy youth make a healthy world”. Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas program inovatif Palang Merah Indonesia dalam penanganan masalah kesehatan mental paska tsunami tahun 2004 di Aceh. Program ini dianggap telah menolong kaum muda di Aceh dalam pembelajaran dan praktik pendekatan partisipatif serta peningkatan wawasan mereka akan praktik-praktik hidup sehat.
 
Delegasi Palang Merah Indonesia (PMI) dipimpin oleh Ibu Dr. Hj. Ulla Nuchrawaty Usman, Ketua Bidang Palang Merah Remaja dan Relawan, serta beranggotakan 4 orang delegasi termasuk Wakil Sekjen PMI dan 2 orang anggota PMI Aceh.
 
Selain Indonesia, IFRC yang merupakan jaringan kemanusiaan terbesar di dunia tersebut juga memberikan penghargaan “Youth on the move” kepada Palang Merah dari Sierra Leone (program pengajaran kepada kaum muda melalui pelatihan di bidang pertanian, perkayuan, ukir batu dan penenunan), Gambia (program pemberdayaan kaum muda melalui pendekatan musik), Pantai Gading (program mengenai kaum muda dan HIV), dan Kenya (program penanaman pohon dan peningkatan wawasan kaum muda terkait perubahan iklim dan konservasi lingkungan).
 
Pemberian penghargaan tersebut merupakan bagian dari agenda penyelenggaraan Sidang Umum Sesi ke-17 IFRC pada tanggal 18-21 November 2009 di kompleks United Nations Office in Nairobi (UNON). Pertemuan tersebut diikuti oleh National Societies seluruh anggota IFRC dari 186 negara dan merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di benua Afrika.
 
Selain pemberian penghargaan, Sidang Umum IFRC juga berhasil menyepakati beberapa keputusan penting dimana salah satunya adalah terpilihnya Mr. Tadateru Konoé dari Palang Merah Jepang untuk menjadi Presiden IFRC selama 4 tahun ke depan. Mr. Konoé merupakan Presiden IFRC yang pertama dari Asia dan dalam menjalankan tugasnya akan dibantu oleh 4 wakil presiden terpilih dari 4 kawasan yaitu dari Mr. Paul Birech (Kenya) mewakili Afrika, Dr. Jaslin U. Salmon (Jamaika) mewakili Amerika, Dr. Mohamed Al Maadeed (Qatar) mewakili Asia Pasifik, dan Dr. Bengt Westerberg (Swedia) mewakili Eropa.