Kunjungan Tim DKP RI ke Kenya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 23 – 29 Agustus 2009, telah dilakukan kunjungan kerja dari Departemen Kelautan dan Perikanan RI (DKP) ke Kenya dalam rangka memajukan kerjasama perikanan antara kedua negara. Tim DKP dipimpin oleh Dr. Made L. Nurdjana, Dirjen Perikanan Budidaya dan terdiri dari pejabat-pejabat DKP yang ahli di bidang budidaya perikanan dan sumber daya manusia serta didampingi Budi Bowoleksono, Duta Besar RI di Nairobi.
 
Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral antara Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Freddy Numberi, dan Menteri Perikanan Kenya, Paul Otuoma, di Nairobi bulan Februari 2009 dan Manado bulan Mei 2009, di mana dalam kedua kesempatan tersebut Menteri Perikanan Kenya telah meminta bantuan Indonesia untuk meningkatkan kemampuan negaranya di bidang budidaya perikanan.
Rombongan dari Indonesia berkesempatan mengunjungi beberapa wilayah di Kenya termasuk Danau Victoria dan daerah pesisir Samudera Hindia yang menjadi tempat budidaya perikanan lokal. Delegasi DKP kemudian telah mempresentasikan hasil temuan mereka di Sector Stockholders Workshop yang dipimpin oleh Menteri Otuoma dan dihadiri oleh para stockholders bidang perikanan di Kenya. 
 
Dari hasil kunjungan ini telah diidentifikasi program kerjasama kongkret yang segera dapat dilaksanakan termasuk program pelatihan bagi para ahli perikanan Kenya di Indonesia. Diharapkan pelatihan dari Pemerintah Indonesia, yang selama ini dikenal sebagai penggerak utama kerjasama “Selatan-Selatan”, dapat membantu Pemerintah Kenya mengembangkan budidaya perikanan untuk mengentaskan kemiskinan dan menjamin ketersediaan pangan (food security) untuk rakyatnya.
 
Sumber: KBRI Nairobi
****