Indonesia Tegaskan Komitmen pada Isu Urbanisasi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Indonesia siap mengambil leading role di wilayah Asia-Pasifik untuk membangun jaringan Sustainable Urban Development” demikian pernyataan Menteri Perumahan Rakyat RI, Suharso Monoarfa, yang memimpin delegasi RI pada sidang Governing Council ke-23 UN-Habitat pada hari Senin, 11 April 2011 di Nairobi, Kenya.
 
Pertemuan Governing Council UN-Habitat merupakan forum internasional para menteri yang menangani masalah pemukiman dan urbanisasi. Menpera telah menyampaikan 2 pernyataan, yaitu atas nama Pemerintah Indonesia dan juga atas nama Konferensi Menteri-Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan se-Asia Pasifik (APMCHUD), di mana Indonesia menjabat sebagai Ketua untuk periode 2010-2012.
 
Dalam kapasitas sebagai Ketua APMCHUD, Menpera menyampaikan keberhasilan kawasan Asia Pasifik dalam merumuskan Deklarasi Solo. Deklarasi yang diadopsi di Solo pada tanggal 24 Juni 2011 ini merupakan komitmen negara-negara Asia Pasifik untuk meningkatkan kerjasama di bidang pemukiman dan urbanisasi.
 
Pertemuan UN-Habitat ini diharapkan dapat membahas dan mengambil keputusan penting pada tingkat internasional mengenai isu-isu pembangunan kota yang berkelanjutan, termasuk penanganan daerah kumuh perkotaan, serta keterkaitan isu urbanisasi dengan perubahan iklim dan isu lainnya.