Danar Hadi di TAFF

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pesona Batik Indonesia pada The African Fashion Fair, Nairobi
Decak kagum dan tepuk tangan mengiringi penampilan 12 model Kenya yang melenggang di catwalk untuk memperagakan baju batik dari Danar Hadi Solo. Peragaan busana tersebut merupakan bagian dari malam gala pembukaan resmi The African Fashion Fair (TAFF), sebuah festival tahunan mode Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 23-30 September 2009 di Nairobi, Kenya.
 
Untuk tahun ini, TAFF yang bertemakan “Simple, Elegant, Beautiful, Mysterious, and Unlimited!” menghadirkan karya berbagai perancang busana dari kawasan Afrika Timur seperti Kenya, Tanzania, Rwanda, Uganda, Ethiopia dan Senegal (Afrika Barat). Perusahaan batik Danar Hadi hadir sebagai wakil Indonesia dan berhasil menarik perhatian pengunjung dengan koleksi adibusana batik untuk peragaan busana, koleksi batik kuno bernilai tinggi untuk eksibisi/pameran busana, serta workshop peragaan pembuatan batik.
 
Malam gala yang diselenggarakan di Alliance Française Nairobi tersebut dihadiri oleh Duta Besar Perancis sebagai tuan rumah, beberapa duta besar lainnya yang berbasis di Nairobi, serta kalangan fashion dan selebritis Kenya. Salah seorang tamu kehormatan adalah Mr. Silverse Anami, pengamat budaya dan mantan Direktur Budaya Kenya, yang merupakan anggota Subsidiary Body UNESCO (anggota dewan juri) yang mendukung penuh dimasukkannya Batik Indonesia ke dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO bulan Mei 2009 lalu.
 
Dalam sambutannya, Duta Besar RI di Nairobi menyampaikan penghargaan kepada pihak penyelenggara TAFF dan menyatakan keinginan Indonesia untuk berkolaborasi dengan para perancang busana di kawasan. Duta Besar juga menyampaikan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Kenya dan khususnya kepada Mr. Anami yang telah memberikan dukungan langsung atas terpilihnya Batik Indonesia sebagai salah satu warisan dunia.
Selain batik, malam gala juga menampilkan permainan rampak kendang dan angklung oleh staf serta Dharma Wanita Persatuan KBRI Nairobi. Suguhan budaya Indonesia yang dilatarbelakangi alunan lagu “Bidadari Timur” dan “Melati Putih” telah menciptakan nuansa Indonesia yang kental pada acara TAFF 2009.
 
Sumber: KBRI Nairobi
****