ASEAN Family Gathering di Nairobi, Kenya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 8 Agustus 2009 di Nairobi, Kenya, KBRI Nairobi bersama-sama dengan High Commission Malaysia, Kedutaan Besar Filipina, dan Royal Thai Embassy telah menyelenggarakan ASEAN Family Gathering Day.
 
Acara sehari penuh yang dilangsungkan di Wisma Indonesia tersebut dihadiri oleh sekitar 250 warga komunitas ASEAN di Nairobi dan sekitarnya, serta para warga negara sahabat. Turut hadir para Duta Besar dari Jepang, China, Argentina, Swiss, dan Kepala UNIDO di Kenya. 
 
Setelah pidato pembukaan oleh Duta Besar RI di Nairobi, acara dimulai dengan ASEAN Fashion Show yang menampilkan busana nasional dari Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Acara tersebut berhasil menonjolkan keanekaragaman dan kekayaan budaya negara-negara ASEAN dengan tetap mempromosikan identitas sebagai bagian dari komunitas ASEAN.
 
Keakraban para warga ASEAN selanjutnya terlihat jelas dari kemeriahan fun games dan pertandingan olah raga yang melibatkan baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Batas negara seakan tiada ketika para partisipan saling berkompetisi dan bercengkerama tanpa menghiraukan perbedaan negara, bahasa ataupun budaya.
 
Pertandingan olah raga seperti badminton, tenis meja, tenis lapangan, dan domino diikuti dengan antusiasme tinggi dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan persaudaraan ASEAN. Kemeriahan juga terasa pada fun games seperti Coin Hunting, Pointing Cat’s Tail, Balloon Busting, Water Transfer, Lemon Race, Tug of War, dan Going to the Market. Para Duta Besar, High Commissioner, serta Charge d’Affaires tidak ketinggalan pula ikut berpartisipasi pada permainan Planting Rice.
 
Acara makan siang bersama menghadirkan berbagai makanan khas dari negara-negara ASEAN, dengan diselingi hiburan home band yang dipunggawai oleh keluarga besar KBRI Nairobi serta karaoke session. Pada penutupan acara, dibagi-bagikan hadiah untuk anak-anak serta piala bagi para pemenang pertandingan olah raga.
 
ASEAN Family Gathering terakhir kalinya diadakan pada tahun 2001, dan pelaksanaan tahun ini disambut dengan positif oleh para anggota komunitas ASEAN. Diharapkan hal ini akan semakin mempererat persaudaraan antara para warga ASEAN di Nairobi dan sekitarnya.
(Sumber: KBRI Nairobi)