Kota Solo Siap Menjadi Tuan Rumah APMCHUD-3 tahun 2010

4/1/2009

 
Walikota Solo, Joko Widodo, menyampaikan kesiapan kota Solo sebagai tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri Asia Pasifik di Bidang Pembangunan Perumahan dan Perkotaan Ke-3 pada bulan Mei 2010. Hal tersebut dikemukakan pada saat presentasi di depan anggota Biro APMCHUD, 30 Maret 2009, yang diselenggarakan dalam kerangka Sidang ke-22 Governing Council UN-Habitat, di Nairobi, Kenya, 30 Maret - 3 April 2009. Pertemuan Biro yang dipimpin oleh Menteri Perumahan Iran dihadiri oleh Menteri/Deputi Menteri Perumahan dari Armenia, India, Indonesia, Pakistan, dan wakil-wakil dari UN ESCAP dan UN HABITAT. Delegasi Indonesia pada pertemuan tersebut dipimpin oleh Menpera Mohammad Yusuf Asy’ari.
 
Walikota Solo juga menjadi salah satu pembicara pada sesi GC Dialogue Panelists yang diselenggarakan pada 1 April 2009, bersama dengan Menteri Pembangunan Perkotaan Afghanistan, Dirjen Lingkungan Komisi Eropa, Walikota Harare-Zimbabwe, Walikota Dar Es Salam-Tanzania, Presiden International Union of Architecs, serta beberapa panelis dari Afrika Selatan, Brasil, Kolombia, Kenya, Nikaragua, Rumania, Swedia dan Sri Lanka. Pada presentasi yang berjudul Challenges in The Financial Crisis Era : Solving Slums and Squatters and Improving People’s Welfare, Walikota Joko Widodo berbagi pengalaman mengenai upaya mengatasi masalah permukiman kumuh, permukiman ilegal dan perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui perubahan paradigma dari top down approach menjadi kemitraan dan partisipatif ; dari birokratis menjadi kewirausahaan ; dari prosedural menjadi orientasi kepada hasil ; dan dari penanganan yang parsial menjadi terintegrasi.
 
Pada hari yang sama, Menpera Mohammad Yusuf Asy’ari, Walikota Solo dan Duta Besar RI di Nairobi menyelenggarakan resepsi makan malam untuk memperkenalkan kota Solo sebagai calon tuan rumah APMCHUD-3 tahun 2010 di Recreation Centre yang berada di markas PBB di Nairobi, Kenya. Acara yang dikemas dengan menampilkan ‘citarasa Indonesia’ berupa makanan khas Indonesia dan pagelaran tari tradisional Jawa, oleh sdr Agung Kusumo Widagdo dan sdri Ira Kusumorasri dari Sanggar Semarak Candrakirana Art Centre Solo, dihadiri oleh sekitar 250 orang pengunjung diantaranya Ms. Anna Tibaijuka, Direktur Eksekutif UN HABITAT, beberapa menteri perumahan dan duta besar dari negara-negara Asia Pasifik.