Pelayanan KBRI Muscat

KBRI Muscat merupakan perwakilan RI untuk Kesultanan Oman yang dibuka berdasarkan Keppres RI No. 58 tahun 2009. Pendiriannya diresmikan oleh Melu RI secara simbolis di Jakarta pada tanggal 29 Desember 2010. Pada tanggal 12 Februari 2011, dilakukan penaikan bendera secara resmi sebagai tanda dimulainya kegiatan operasional KBRI. Acara tersebut dihadiri oleh Menlu Oman H.E. Yousuf bin Alawi bin Abdullah dan Sekjen beserta Kepala Protokol Kemlu Oman, Korps Diplomatik, wakil dari perwakilan Organisasi Internasional, serta perwakilan masyarakat Indonesia di Oman.


Seiring dengan perkembangannya, KBRI Muscat senantiasa berbenah untuk memaksimalkan pelayanan untuk warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Pelayanan tersebut mencakup pelayanan di bidang kekonsuleran dan keimigrasian.


Pelayanan yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang berada di Kesultanan Oman antara lain: penerbitan paspor baru, penerbitan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor), Penerbitan Surat Cuti, Pembuatan Surat Keterangan Akan Menikah dan Surat Keterangan Menikah, Pembuatan Surat Keterangan Lahir Anak, Legalisasi Dokumen, Penerbitan Surat Keterangan lain, serta perlindungan terhadap WNI yang berada di Kesultanan Oman dan lain-lain.​


Adapun pelayanan yang diberikan kepada warga asing antara lain Penerbitan Visa Diplomatik, Penerbitan Visa Kunjungan, Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan, Visa Tinggal Terbatas dengan persetujuan Imigrasi Pusat, Legalisasi Dokumen Bisnis dan Non Bisnis, serta pelayanan lainnya.