RESEPSI DIPLOMATIK DALAM RANGKA PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-68

KBRI Muscat telah menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT RI ke-68, bertempat di Hotel Grand Hyatt, Muscat, pada tanggal 13 Nopember 2013, pukul 19.30-22.00 waktu setempat. Resepsi diplomatik dihadiri oleh sekitar 210 tamu undangan yang berasal dari kalangan Pemerintah Oman, korps diplomatik, pengusaha setempat, akademisi, organisasi internasional, tokoh masyarakat dan tenaga profesional Indonesia termasuk General Manager Medco Energi Oman.
 
Hadir tamu kehormatan dari Pemerintah Oman adalah yaitu H.E. Shaikh Mohammed bin Marhoon bin Ali Al Maamari (Penasehat Negara), H.E Shaikh Saad bin Mohammed bin Said al Mardhouf al Saadi (Menteri Olah Raga), Kepala Protokol Kemlu dan beberapa pejabat penting pemerintahan lainnya.
 
Sebagai pembuka acara, diperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara. Setelah itu Dubes RI menyampaikan sambutan yang mengenai potensi geografis, populasi penduduk, dan perekonomian Indonesia. Dijelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi sebagai kekuatan di dunia antara lain negara kepulauan terbesar di dunia, negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, serta capaian/pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih sehat dan kuat di tengah-tengah krisis yang melanda sebagian dunia. Dengan berbagai potensi ini, Dubes RI menekankan bahwa Indonesia merupakan mitra yang tepat bagi Oman dalam mengembangkan dan meningkatkan intensitas hubungan kerjasama bilateral di segala bidang. 
 
Seusai penyampaian sambutan, Duta Besar RI bersama tamu kehormatan memotong nasi tumpeng yang merupakan ciri khas Indonesia. Pemotongan nasi tumpeng tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada tamu undangan mengenai icon makanan khas tradional Indonesia yang seringkali digunakan sebagai simbol perayaan sakral di Indonesia.
 
Guna lebih mengenalkan potensi pariwisata dan budaya Indonesia khususnya bagi tamu asing, ditampilkan tarian merak dan piring yang dibawakan oleh masyarakat Indonesia di Oman. Selain itu sajian masakan dan makanan kecil khas Indonesia serta penayangan video tempat-tempat pariwsata, berbagai kemajuan pembangunan dan profil beberapa industri strategis di Indonesia turut mewarnai kemeriahan resepsi diplomatik ini.
 
Sebagai bagian dari promosi Trade, Tourism and Investment (TTI) Indonesia, KBRI Muscat membagikan gift bag kepada tamu undangan berupa tas dari kain batik bertuliskan “Indonesia” yang masing-masing berisikan brosur/DVD mengenai destinasi pariwisata, kuliner dan  informasi pameran.