PERINGATAN ASEAN DAY DI OMAN

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di Hotel Intercontinental Muscat, para Kepala Perwakilan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN yang terdiri dari Dato Dr. Awang Haji Besar bin Haji Abu Bakar (Duta Besar Brunei Darussalam), Sukanto (Duta Besar Indonesia), Dato Rustam Yahaya (Duta Besar Malaysia), DR. Pornchai Danvivathana (Duta Besar Thailand), Jayceelyn M. Quintana (Charge d’Affaires Philipina) dan Roslan Sukiman (acting Konsul Jenderal Singapura) mengadakan peringatan berdirinya ASEAN (ASEAN Day) ke-46 yang dikemas dalam resepsi diplomatic, Senin, (16/09/2013).

 

Peringatan ASEAN Day yang pertama ini dihadiri sekitar 220 tamu undangan. Suatu kehormatan bagi ASEAN pada acara tersebut karena H.E Yousuf Alawi bin Abdullah, Menteri Luar Negeri Oman hadir sebagai guest of honour dan para pejabat Kementerian Luar Negeri  (Kemlu), perwakilan dari Kadin, Majlis Syura, Kementerian teknis, Kepolisian, para kepala perwakilan asing dan perwakilan komunitas masing-masing negara ASEAN.

 

Sebagai catatan, kegiatan resepsi diplomatik yang dilakukan atas nama kelompok negara merupakan kali pertama dilakukan di Muscat. Inisiatif para Kepala perwakilan negara-negara anggota ASEAN tersebut mendapatkan apresiasi dari Kemlu  Oman karena melalui kegiatan ini menunjukkan selain kekompakan ASEAN itu sendiri, juga sebagai upaya peningkatan hubungan bilateral masing-masing negara anggota ASEAN dengan Oman. Atas hadirnya Menlu Oman, pejabat penting Kemlu dan instansi lainnya pada ASEAN Day  menunjukkan bukti apresiasi yang tinggi pemerintah setempat atas segala kiprah ASEAN di negara akreditasi.

 

Sebagaimana pelaksanaan resepsi diplomatik di Muscat pada umumnya, peringatan ASEAN Day kali ini diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Oman diikuti lagu/mars ASEAN, penyampaian sambutan Duta Besar RI selaku Ketua ASEAN Committee in Muscat (ACM) dan sebagai penutup adalah pemotongan kue. Dalam acara tersebut juga diputar video singkat perjalanan organisasi ASEAN dan aktivitas negara-negara anggota ASEAN di Oman dalam 2 tahun terakhir, seperti partisipasi pada Muscat Festival, ASEAN Bazaar, Olah raga bersama dan lain-lain serta penyebaran brosur/pamflet pariwisata maupun investasi masing-masing negara.

 

Dalam sambutannya, Duta Besar RI antara lain memaparkan beberapa hal, diantaranya : penjelasan secara singkat sejarah berdirinya ASEAN dan kiprah ASEAN sampai saat ini; sejak berdirinya ASEAN, Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan yang paling stabil dan dinamis; kawasan Asia Tenggara dengan popuasi sekitar 650 juta jiwa yang didukung kekuatan Gross Domestic Product (GDP) sebesar US$ 3 triliun dan daya beli yang tinggi serta adanya stabilitas kawasan yang kondusif menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang menarik untuk berinvestasi; segala hal hampir dengan mudah didapatkan di kawasan Asia Tenggara, mulai dari keragaman kuliner, seni budaya, keaslian hutan tropis, tourist resorts yang sangat atraktif, tempat perbelanjaan yang modern, bangunan/gedung modern dan masih banyak keunggulan lainnya dan kegiatan berskala internasional juga sering diadakan di kawasan ini seperti sidang APEC, GNB, OKI, WTO, dan sidang-sidang internasional lainnya di bawah PBB. Bahkan saat ini perhatian internasional sebagian sedang diarahkan di kawasan ini karena saat ini sedang diadakan kontes kecantikan dunia.

 

Makna yang dapat dipetik dari peringatan ASEAN Day ini adalah walaupun dalam menjalankan misinya masing-masing berada di luar kawasan Asia Tenggara, diharapkan melalui semangat ASEAN, kekompakan dan organisasi yang solid menjadi modal utama bagi peningkatan hubungan bilateral masing-masing negara yang tergabung dalam ASEAN dengan negara akreditasi. (Sumber : KBRI Muscat).