PARTISIPASI INDONESIA PADA MUSCAT FESTIVAL 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Muscat Festival 2013 yang berlangsung dari tanggal 30 Januari 28 Pebruari 2013 merupakan festival tahunan ke-16. Pelaksanaan Muscat Festival pada tahun-tahun sebelumnya  selalu diadakan di kota Muscat, namun untuk tahun ini lokasi festival diadakan  di luar kota Muscat, yaitu Al Amirat dan Al Nassem. Tujuan dpindahkannya tempat festival adalah agar pengunjung, utamanya orang asing bisa melihat kemajuan pembangunan di Oman, bahwa pembangunan infrastruktur tidak hanya berpusat di kota Muscat namun juga merata di berbagai daerah Oman.

 
Muscat Festival merupakan festival rutin/tahunan yang diorganisir oleh Muscat Municipality. Adapun program pada festival adalah menampilkan berbagai macam seni dan budaya, kuliner, intenational folklore, handicraft dan lain-lain kegiatan yang bersifat hiburan yang melibatkan partisipasi negara-negara lain.
 
Pada Muscat Festival kali ini Indonesia ikut serta pada pameran handicraft. Promosi yang diusung adalah mempromosikan batik pada umumnya dan batik tulis khususnya kepada para pengunjung dari berbagai negara. Dalam rangka promosi batik tersebut, KBRI Muscat telah mendatangkan pembatik dari Indonesia, Sdr. Venny Afwany Alamsyah didampingi Sdr. Zery Nurvitha. Selama festival Sdr. Venny Afwany Alamsyah memberikan workshop bagaimana cara membatik (batik tulis) dengan mempraktekkan dan membimbing pengunjung untuk membatik secara sederhana sampai pada proses pewarnaan. Pada workshop membatik ini berhasil menyita perhatian pengunjung karena walaupun mereka sebagian mengetahui batik berasal dari Indonesia namun belum pernah melihat cara membuat batik. Untuk memeriahkan stand Indonesia, selain workshop batik, juga dipamerkan berbagai souvenir dan handicraft batik.