KBRI MUSCAT TELAH MEMULANGKAN 17 ORANG WNI,PERIODE AWAL APRIL - PERTENGAHAN APRIL 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?KBRI Muscat kembali berhasil memulangkan sebanyak 17 orang WNI yang bekerja sebagai TKI Penata Laksana Rumah Tangga dan sempat menghadapi permasalahan ketenagakerjaan/hukum di Oman. Pemulangan dimaksud dilakukan setelah terlebih dahulu diselesaikan persoalan hukum, ketenagakerjaan dan administrasi yang dihadapi oleh 17 orang WNI tersebut.

 
Pemulangan mereka ke Indonesia merupakan pemulangan yang dilakukan  pada periode awal hingga pertengahan April 2013 dan terbagi menjadi 4 tahap yaitu pada tanggal 3 April 2013 terhadap Sahrom bt Alip, Anisa bt Asdim, Ulpah bt Puloh, Supileanti bt Nubakti, dan Yati Susilawati; tanggal 7 April 2013 terhadap Saenti bt Hasan Kastam dan Hertika bt Manta; tanggal 14 April 2013 terhadap Romaipa Riyadi, Aminah bt Mulyanah Mukayad, Rodah bt Hamid Rajiun, Rosidah bt Tapsih, Sutriyah bt Rokman dan tanggal 17 April 2013 terhadap Elas Lasmini bt Surya, Sainah bt Karma, Samonah bt Sukarno, Amlia bt Yusup, serta Maya Liyana bt Muhani.
 
Sebagian besar diantara para WNI yang difasilitasi pemulangan tersebut, sebelumnya telah berada di penampuangan KBRI Muscat dengan kurun waktu bervariasi antara 1 pekan hingga 6 bulan. Para WNI tersebut datang mengadu langsung ke KBRI Muscat dengan alasan yang berbeda-beda diantaranya beban kerja yang terlalu berat, pelecehan seksual, majikan pernah melakukan penganiayaan, tidak digaji maupun pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak kerja, dan lain sebagainya.
 
Sebagai upaya untuk melakukan pembinaan dan menambah bekal keterampilan para WNI dimaksud, selama berada di penampungan KBRI Muscat, para WNI telah mengikuti berbagai kegiatan keterampilan yang diselenggarakan atas kerjasama KBRI Muscat dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Muscat. Kegiatan dimaksud antara lain meliputi pengajian rutin, pelatihan keterampilan merajut dan pelatihan merangkai bros.
 
Dengan telah dipulangkannya 17 orang WNI dimaksud maka sejak awal tahun 2013, KBRI Muscat telah memfasilitasi pemulangan sejumlah 51 orang WNI yang pernah tersangkut permasalahan ketenagakerjaan dan/atau hukum di Oman.
 
Sumber: KBRI Muscat