Sign In

​Hubungan Bilateral Bidang Sosial Budaya

Kerja sama di bidang sosial budaya antara kedua negara belum mencapai potensi yang maksimal. Namun dalam beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Oman mulai mengetahui tentang Indonesia melalui tenaga kerja Indonesia, baik tenaga terampil maupun TKI informal yang bekerja di Oman.

Dalam kerja sama pendidikan, Pemerintah Oman telah memberikan tujuh beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan setingkat S1 di Oman. Saat ini tinggal terdapat dua mahasiswa Indonesia di Oman.

Sejauh ini, belum terdapat peserta Dharmasiswa dari Oman ke Indonesia dan diharapkan Pemerintah Oman dapat turut mendorong mahasiswa Oman untuk memanfaatkan beasiswa tersebut dalam rangka mempelajari seni dan budaya Indonesia pada berbagai perguruan tinggi di tanah air.

 

Sebagaimana halnya Indonesia, Oman termasuk negara yang cukup aktif mengadakan dialog, pengajaran dan pameran tentang kerukunan hidup umat beragama ke negara-negara lain. Kedua negara memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya menjaga hubungan baik antarumat.

 

Oman juga telah menunjukkan dukungannya ketika bencana menimpa Indonesia. Pada saat terjadi Tsunami di Aceh, Oman memberikan bantuan yang cukup besar bagi Indonesia, termasuk pembangunan masjid Al Makmur di Banda Aceh. Oman telah pula membantu pembangunan kembali dua desa di Indonesia, yaitu di Aceh dan Sumatra Barat.