Sign In

​Geografi Oman

Oman terletak di bagian timur hingga tenggara Semenanjung Arab, berbatasan darat dengan Persatuan Emirat Arab, Arab Saudi dan Republik Yaman. Di sebelah timur laut dan tenggara, negara ini berhadapan dengan Teluk Oman dan Laut Arabia.

 

Sebagian besar wilayah Oman terdiri dari gurun yang kering dengan daerah pesisir yang lembab dan daratan bagian dalam yang panas dan kering. Oman bagian tengah hampir seluruhnya merupakan gurun yang nyaris datar, sedangkan di utara dan selatan terdapat pegunungan berbatu yang membatasinya dengan pesisir.

 

Iklim gurun yang kering dan panas membuat bagian dalam Oman nyaris tak berpenghuni, sehingga kantong-kantong penduduk lebih banyak tersebar di sekitar pantai. Namun pada bulan Juni-September, bagian selatan Oman (Dhofar) mengalami curah hujan yang sangat tinggi sehingga daerah tersebut berubah menjadi lembab dan hijau, tidak seperti tipikal alam di Semenanjung Arabia.

 

Oman terbagi menjadi 11 kegubernuran yang masing-masing dipimpin oleh seorang gubernur. Negara ini terdiri dari daratan utama dan dua enclave di utara, yaitu Musandam yang terletak di Selat Hormuz dan Al Madhah, wilayah kecil yang berada di tengah-tengah Uni Emirat Arab.