Indonesian Citizens Services

​Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memberikan jasa pelayanan publik kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah akreditasi KBRI yang meliputi Swiss dan Liechtenstein. Dalam kondisi tertentu, KBRI juga dapat memberikan jasa pelayanan publik kepada WNI yang sedang melakukan kunjungan singkat di wilayah Swiss maupun Liechtenstein.

Jenis-jenis pelayanan publik yang diberikan oleh KBRI antara lain:

  1. Pembuatan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia, yang meliputi pembuatan Paspor dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  2. Perubahan data paspor (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  3. Penerbitan Surat Keterangan untuk berbagai keperluan (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  4. Pendaftaran atau Lapor Diri (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  5. Informasi tentang Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan Ganda  (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)


Himbauan

  1. Bagi warga negara Indonesia yang baru tiba di Swiss untuk keperluan tinggal sementara, tinggal permanen, studi maupun bekerja, kami sangat mengharapkan agar Anda dapat segera mendaftarkan diri ke KBRI. Pendaftaran diri ke KBRI tidak hanya berguna bagi pendataan WNI pada KBRI, namun juga akan sangat membantu KBRI dalam penanganan WNI yang membutuhkan bantuan darurat.

  2. Bagi WNI di Swiss dan Liechtenstein yang pada situasi darurat membutuhkan bantuan KBRI, dapat menghubungi nomor hotline KBRI (telepon genggam) sebagai berikut: +41 79 653 3068 (24/7).

  3. Jam kerja pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran KBRI buka pada hari Senin - Jum'at, jam 09.00 - 12.00 (kecuali pada saat Ramadhan pada jam 10.00 - 13.00). Khusus untuk WNI, KBRI masih dapat memberikan pelayanan sampai dengan berakhirnya jam kerja kantor, yaitu pada hari Senin - Jum'at, jam 14.30 - 17.00 (kecuali hari libur). Bagi WNI yang hendak datang ke KBRI untuk pelayanan, harap menginformasikan terlebih dahulu kepada petugas loket pelayanan melalui telepon atau email.

  4. Bagi WNI yang hendak datang ke KBRI untuk pelayanan publik, tidak perlu membuat janji terlebih dahulu (kecuali ketentuan pada poin nomor 3).

​Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern memiliki tugas pokok dan fungsi untuk memberikan jasa pelayanan publik kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah akreditasi KBRI yang meliputi Swiss dan Liechtenstein. Dalam kondisi tertentu, KBRI juga dapat memberikan jasa pelayanan publik kepada WNI yang sedang melakukan kunjungan singkat di wilayah Swiss maupun Liechtenstein.

Jenis-jenis pelayanan publik yang diberikan oleh KBRI antara lain:

  1. Pembuatan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia, yang meliputi pembuatan Paspor dan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  2. Perubahan data paspor (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  3. Penerbitan Surat Keterangan untuk berbagai keperluan (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  4. Pendaftaran atau Lapor Diri (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)

  5. Informasi tentang Kewarganegaraan dan Kewarganegaraan Ganda  (Untuk informasi lebih lengkap, silahkan klik di sini)


Himbauan

  1. Bagi warga negara Indonesia yang baru tiba di Swiss untuk keperluan tinggal sementara, tinggal permanen, studi maupun bekerja, kami sangat mengharapkan agar Anda dapat segera mendaftarkan diri ke KBRI. Pendaftaran diri ke KBRI tidak hanya berguna bagi pendataan WNI pada KBRI, namun juga akan sangat membantu KBRI dalam penanganan WNI yang membutuhkan bantuan darurat.

  2. Bagi WNI di Swiss dan Liechtenstein yang pada situasi darurat membutuhkan bantuan KBRI, dapat menghubungi nomor hotline KBRI (telepon genggam) sebagai berikut: +41 79 653 3068 (24/7).

  3. Jam kerja pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran KBRI buka pada hari Senin - Jum'at, jam 09.00 - 12.00 (kecuali pada saat Ramadhan pada jam 10.00 - 13.00). Khusus untuk WNI, KBRI masih dapat memberikan pelayanan sampai dengan berakhirnya jam kerja kantor, yaitu pada hari Senin - Jum'at, jam 14.30 - 17.00 (kecuali hari libur). Bagi WNI yang hendak datang ke KBRI untuk pelayanan, harap menginformasikan terlebih dahulu kepada petugas loket pelayanan melalui telepon atau email.

  4. Bagi WNI yang hendak datang ke KBRI untuk pelayanan publik, tidak perlu membuat janji terlebih dahulu (kecuali ketentuan pada poin nomor 3).