Profil Negara dan Kerjasama

  • Belarusia

    INDONESIA - BELARUS.
    Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Belarus.
     
    Hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dengan Republik Belarus telah terjalin selama 18 tahun, sejak ditandatanganinya Joint Communiqué Concerning the Establishment of Diplomatic Relation Between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Republic of Belarus (Komunike Bersama Pembukaan Hubungan Diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Belarus), 18 Juni 1993.
    Selengkapnya

  • Rusia

    Federasi Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak didunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016). Selengkapnya

  • Rusia

    INDONESIA - RUSIA.
    Nama-nama Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia.
     
    Federasi Rusia merupakan legal succesor Uni Soviet sejak runtuhnya Uni Soviet tahun 1991. Sampai dengan tahun 2008 Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Kazakhstan, Turkmenistan dan Mongolia. Akan tetapi, sejak tahun 2008 Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus.
    Selengkapnya

  • Rusia

    INDONESIA - RUSIA.
    Kerjasama Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Rusia.
     
    Seiring dengan “mesranya” hubungan antara Indonesia dan Uni Soviet, pada akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an banyak sekali mahasiswa Indonesia belajar di Uni Soviet melalui program beasiswa dari Pemerintah Uni Soviet. Sehubungan dengan kebijakan pemerintah Indonesia pada era Orde Baru di Indonesia, sejak akhir tahun 1960-an hingga pertengahan tahun 1990-an tidak ada mahasiswa Indonesia yang pergi ke Uni Soviet/Rusia untuk belajar. Akan tetapi, setelah Uni Soviet pecah, mulai tahun 1995 Pemerintah Rusia sebagai legal successor Uni Soviet mulai memberikan kembali beasiswa kepada warga negara Indonesia untuk belajar di berbagai perguruan tinggi Rusia. Dalam periode 15 tahun terakhir hubungan pendidikan dan ilmu pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan yang tercermin dari banyaknya mahasiswa Indonesia yang berlajar di Rusia dan sebaliknya, serta intensifnya kerjasama antar perguruan tinggi kedua negara.
    Selengkapnya

  • Rusia

    INDONESIA - RUSIA.
    Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Rusia (1945 - 2011).

    Hubungan Indonesia dan Rusia mengalami pasang surut. Pada masa perjuangan diplomasi untuk mencari pengakuan internasional atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia, Uni Soviet memiliki peranan besar. Hubungan Indonesia dan Uni Soviet pada akhir tahun 1950-an dan awal tahun 1960-an mengalami "kemesraan". Sementara itu, pada era Orde Baru di Indonesia, Uni Soviet seolah-olah jauh dari "radar" Indonesia. Akan tetapi, pada tahun 1990-an setelah runtuhnya Uni Soviet, hubungan Indonesia dan Rusia sebagai legal successor Uni Soviet, mulai berkembang kembali. Memasuki abad milenium, hubungan kedua negara meningkat secara signifikan yang berlandasan pada Deklarasi Kerangka Kerjasama Hubungan Persahabatan dan Kemitraan antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia dalam Abad ke-21.  
    Selengkapnya