Peraturan Bebas Visa bagi Warga Negara Rusia

7/3/2015

 

1.     Bebas Visa Kunjungan bagi Warga Negara Rusia

 

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.69 Tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan, Rusia termasuk ke dalam negara yang diberikan fasilitas Bebas Visa Kunjungan dengan ketentuan sebagai berikut:

i. Dapat melakukan kunjungan tanpa Visa ke Indonesia hanya dalam rangka kunjungan wisata

ii. Untuk melakukan kunjungan tersebut dapat masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui 9 (Sembilan) Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan akan diberikan cap tanda masuk Bebas Visa Kunjungan Singkat hanya untuk tujuan wisata (Tourism Purpose Only).

iii. Ke 9 (Sembilan) Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yaitu:

a.     TPI Bandar Udara : Soekarno-Hatta di Jakarta, Ngurah Rai di Bali, Kualanamu di Medan, Juanda di Surabaya, dan Hang Nadim di Batam

b.     Pelabuhan Laut : Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang, Batam Center di Batam, Sekupang di Batam, dan Tanjung Uban diTanjung Uban

iv. Ijin tinggal kunjungan diberikan untuk waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari dan tidak dapat diperpanjang masa berlakunya atau dialihstatuskan. menjadi ijin tinggal lainnya.?

Dengan demikian, WN Rusia yang memiliki paspor yang valid dengan masa berlaku paspor minimal 6 bulan dapat menggunakan fasilitas Bebas Visa Kunjungan dengan ketentuan tersebut di atas.


2.     Visa On Arrival (VOA) bagi Warga Negara Belarus

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 3 Tahun 2015,  WN Belarus dapt menggunakan fasilitas Visa On Arrival (Visa Kunjungan Saat Kedatangan) di bandara utama di Indonesia dengan jangka waktu tinggal paling lama 30 hari, dan dapat diperpanjang sampai dengan 30 hari dengan membayar biaya visa.

VOA berlaku untuk semua jenis paspor (diplomatik, dinas dan biasa), namun tidak berlaku untuk tujuan jurnalistik. Biaya VOA sebesar USD 35.

Kebijakan VOA mensyaratkan paspor yang valid dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan sejak tanggal kedatangan di Indonesia serta halaman paspor yang masih cukup untuk stiker visa.