Panduan Umum Bagi Pendaki Gunung Elbrus

10/20/2011

 
Panduan Umum Bagi Pendaki Gunung Elbrus

1. Umum
 
Para pendaki sebaiknya melakukan komunikasi dengan KBRI Moskow jauh hari sebelum dilaksanakan pendakian. Untuk hal tersebut bisa dilakukan melalui email KBRI Moskow: kbrimos@gmail.com.
 
Kedatangan di Rusia hendaknya juga dilaporkan kepada KBRI Moskow melalui media komunikasi yang ada, seperti internet, telepon, sms dan lainnya. Keberadaan pendaki sangat penting diketahui oleh KBRI agar dapat memberikan bantuan informasi manakala diperlukan.
 
Bila memerlukan informasi tentang hal-hal yang terkait dengan kondisi Rusia, silakan menghubungi: flx.kim@gmail.com
 

2. Pengurusan Visa
 
Pengurusan visa dapat dilakukan di Kedutaan Besar Federasi Rusia di Jakarta. Adapun syarat pengurusan visa adalah:
• Mengisi formulir aplikasi visa
• Pasport
• Undangan dari pihak pengundang atau penyelenggara kegiatan
• Bukti tiket pesawat
• Membayar biaya administrasi
 
Informasi selengkapnya dapat diperoleh melalui link berikut: http://www.indonesia.mid.ru/cons_ind.html
 

3. Undangan
 
Undangan untuk ke Rusia dapat diperoleh dari Hotel tempat menginap di Rusia atau dari pihak penyelenggara (pihak pengundang).
 
Dalam hal ini, perlu ditekankan bahwa KBRI Moskow tidak dalam kapasitas membantu pengurusan calling visa, karena KBRI Moskow bukan pihak pengundang. Calling visa hanya bisa dilakukan oleh travel agent yang mengurus pendakian di Elbrus. Demikian pula, perpanjangan visa hanya bisa dibantu oleh travel agent tersebut.
 

4. Akomodasi
 
Banyak pilihan untuk tinggal di Rusia. Mulai dari penginapan kelas atas sampai kepada hostel bagi para backpackers. Harga pun bervariasi tergantung dari dana yang kita miliki.
 
Informasi tempat tinggal secara umum dapat dilihat melalui link berikut:
http://www.hostelworld.com/ - http://www.bear-hostels.com/
Disarankan bagi para tim pendaki untuk melakukan reservasi online melalui website tersebut. Hal ini diperlukan untuk memudahkan proses akomodasi di kota Moskow.
 
Untuk Akomodasi saat di Mineralny Vody, tim pendaki harus mengkoordinasikan hal ini kepada pihak penyelenggara/ pihak travel.
 
Perlu kembali diperhatikan bahwa KBRI Moskow tidak dapat menyediakan akomodasi dikarenakan KBRI tidak memiliki fasilitas penginapan.
 

5. Registrasi Lokal di Kota Setempat
 
Perlu diketahui, bahwa bagi warga negara asing yang tinggal di setiap kota di wilayah Rusia selama lebih 3 (tiga) hari, diperlukan registrasi lokal. Registrasi ini dapat diperoleh dari hotel tempat menginap.
 
Jangan lupa untuk menanyakan hal ini kepada resepsionis hotel tempat menginap. KBRI Moskow tidak memiliki kewenangan mengeluarkan registrasi tinggal.
 

6. Transportasi
 
Di kota Moskow terdapat 3 bandara besar yang melayani penerbangan lokal dan internasional, yakni Domodedovo, Vnukovo dan Sheremetyevo.
 
Sekiranya pendaki akan tiba di Bandara Domodedovo disarankan untuk mengambil connecting flight langsung ke Mineralny Vody, sehingga tidak perlu menginap di kota Moskow. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk mengambil connecting flight dari bandara yang berbeda dengan bandara kedatangan, mengingat jarak dan kemacetan.
 
Diharapkan tidak lupa menyimpan satu lembar kartu imigrasi yang harus diisi sebelum keluar dari Imigrasi bandara. Kartu tersebut tidak boleh hilang karena diperlukan untuk registrasi ketika akan kembali ke Indonesia.
 
Dari Bandara Domodedovo, bisa menuju ke pusat kota dengan cara berikut:
 
• Aeroexpress
Kereta Aeroexpress merupakan jasa transportasi yang bisa mengantarkan dari bandara ke Pusat Kota, atau sebaliknya selama kurang lebih 40 menit. Kereta ini akan berhenti di ke stasiun terakhir Paveletskaya.
 
Harga tiket untuk satu orang berkisar antara 350 rubel. Tiket dapat dibeli di loket yang terdapat di Bandara atau dapat juga dibeli secara online melalui link berikut: http://www.aeroexpress.ru/en/
 
• Taksi
Selain Aeroexpress, juga dapat digunakan taksi yang bisa langsung mengantarkan penumpang ke tujuan. Taksi dapat diperoleh di dalam Bandara dengan membayar harga di kisaran 1500-2000 rubel.
 
Transportasi lokal selama di Moskow: Trem, Metro, Bus atau Masrhutka (semacam angkot). Biaya tiket untuk satu kali perjalanan di kisaran 25-30 rubel (1 rubel – Rp 300).   Perlu diketahui, berkaitan dengan ketatnya jadwal KBRI Moskow, maka dalam hal transportasi, KBRI Moskow tidak menjanjikan untuk menyediakan jasa transportasi lokal.
 

7. Uang Saku
 
Kota Moskow merupakan salah satu kota termahal di dunia. Untuk itu perlu diperhitungkan besarnya jumlah dana yang harus dibawa saat berada di Moskow.
 
Jangan membawa RUPIAH, karena mata uang tersebut sulit ditukar. Bawalah uang dolar AS  atau Euro. Penukaran uang dapat dilakukan dimana saja di kota Moskow.
 
Disarankan pada saat sampai di Bandara untuk menukarkan beberapa ratus dolar untuk biaya pembayaran transportasi dan hotel. Perlu juga diperhitungkan biaya tak terduga yang bisa saja dikeluarkan saat berada di kota Moskow.
 
Sebagai contoh, biaya satu kali makan di kota Moskow berkisar antara: 150 -500 rubel, tergantung dari jenis makanan yang dipilih (1 rubel – Rp 300)
 

8. Tiket Lokal
 
Tiket lokal dari Moskow ke Mineralny Vody dapat dibicarakan kepada pihak pengundang dan dapat dibeli secara online berdasarkan kesepakatan.
 
Untuk mempermudah akses ke Bandara disarankan untuk mengambil tiket dengan jalur dari Bandara Domodedovo. Hal ini didasarkan pada kemudahan akses untuk mencapai bandara dari pusat kota.
 
Selain itu jangan mengambil waktu penerbangan di week end atau hari libur dikarenakan kantor pada umumnya tidak bekerja pada hari-hari tersebut. Apabila terjadi masalah pada hari tersebut, maka harus menunggu sampai datangnya hari kerja berikutnya.
 

9. Tiket Internasional
 
Perhatikan dengan seksama jadwal tiket Internasional Jangan sampai terlalu dekat dengan tanggal masa berlaku visa serta jangan terlalu jauh dari hari kepulangan ke kota Moskow usai pendakian.
 
Untuk penggantian tiket (memajukan atau memundurkan) semua menjadi tanggung jawab pendaki. Perlu diketahui bahwa harga tiket di Rusia seringkali mengalami fluktuasi yang sulit dipahami.
 

10. Lain-lain
 
  • Rusia tidak sama dengan Negara Eropa lainnya. Di kota Moskow, orang lebih cenderung individualis. Tidak disarankan bagi orang asing untuk keluar di malam hari tanpa pendamping dikarenakan masih adanya isu rasisme yang berkembang.
  • Paspor harus selalu dibawa saat berpergian dan jangan sampai hilang.
  • Untuk komunikasi disarankan untuk membelu nomor lokal yang dengan mudah dapat dibeli di bandara.
  • Kemampuan membaca huruf Rusia sangat diperlukan sebagai modal awal untuk memahami nama stasiun, tempat atau lokasi.
  • Kemampuan Bahasa Inggris tidak terlalu penting namun sangat diperlukan.
  • Sekali lagi untuk tidak lupa membawa cadangan uang saku yang akan diperlukan untuk situasi tidak terduga.
  • Disarankan untuk mempunya kartu kredit  untuk melakukan reservasi online.