Ketika Indonesia Berperan di Moscow Times Award 2015

Walau diselaput musim dingin,  Moskow tetap bergairah. Penggeraknya adalah harian berbahasa Inggris satu-satunya di Rusia, . Dalam acara yang dihadiri 300 undangan black-tie dan gaun malam tersebut, Dubes RI untuk Rusia merangkap Belarus Djauhari Oratmangun hadir dalam kapasitas sebagai expert board atau juri yang bertugas memilih nama tokoh atau peristiwa tertentu dari daftar nominasi yang diajukan Moscow Times.

 

“(Pemilihan) pre-selected nominators sudah dilakukan bulan September sedangkan pemilihan final bulan November lalu. Semua (proses pemilihan) dilakukan melalui email,” ujar Dubes Djauhari Oratmangun yang didampingi Ibu Sih Elsiwi Oratmangun.

 

Terdapat 24 orang yang dipilih Moscow Times untuk duduk di dalam Expert Board, antara lain Dubes RI, Dubes Mexico, Dubes Norwegia; para ketua kamar dagang Rusia – AS, Rusia – Inggris, dan Rusia – Jerman; pemimpin redaksi Moscow Times, jurnalis dari New York Times, Le Monde, penyiar radio kota Moskow dan sebagainya.

 

Ekaterina Movsumova, co-founder Moscow Times menjelaskan bahwa kegiatan yang telah 3 kali diselenggarakan sejak 2013 ini bertujuan memilih peristiwa, orang atau proyek tertentu di Moskow yang dipandang paling penting selama tahun 2015 untuk dipromosikan Moscow Times ke seluruh dunia.

 

“Media kami adalah jembatan antara Rusia dengan komunitas internasional, kami ingin memadukan reputasi independen dan obyektif kami dalam menginformasikan kisah sukses orang, organisasi atau peristiwa tertentu agar pembaca mengetahui bagaimana meraih sukses di Rusia,” ujar Ekaterina yang juga penerbit harian Moscow Times.

 

Dalam acara yang dibawakan penyiar TV terkenal Rusia Vladimir Poznan, diumumkan 14 pemenang kategori awards yang diperebutkan, yakni: Foreign Direct Investment of the Year,  Country Partner of the Year, Best Business Center, Best Business Event, Angel Investor of the Year, Strategic Venture Investor of the Year, Corporate Citizen of the Year, Best Cultural Event, Best City Improvements, Humanitarian of the Year, Person of the Year in Culture, Best Cultural Center, Person of the Year. Keterangan rinci terdapat di www.themoscowtimes.com/awards2015 (Sumber: KBRI Moskow dan the Moscow Times).