Promosi “Wonderful Indonesia” Goyang Pengunjung Mall Moskow

Ratusan pengunjung pusat perbelanjaan mewah “Afimall Moscow City” selama dua hari (5 dan 6/12/2015) memperoleh hiburan menarik. Di lantai dua dekat air mancur menari yang menjadi center point mall, dibuka gerai “Wonderful Indonesia” yang menyuguhkan beragam brosur, poster, film, dan informasi lain pariwisata Indonesia. Animo pengunjung mampir ke gerai kian marak berkat suguhan musik dan tari Nusantara, camilan kacang bogor, selai pisang dan kopi luwak  plus souvenir menarik.

 

Venue-nya sengaja di pilih mall premium class semacam ini karena segmennya masyarakat Rusia kelas menengah dan atas,” ujar Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Wilayah Eropa, Timteng, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata RI menjelaskan alasan pemilihan tempat promosi. “Dengan cara ini, tidak saja dapat dijalin kontak langsung dengan potential tourists, tetapi juga membantu outbound tour operator lokal mengenal lebih dekat destinasi pariwisata Indonesia.”

 

Pertimbangan lain pengiriman misi promosi pariwisata ke Rusia ini, lanjut Nia Niscaya, adalah terkait kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menghimbau warga Rusia agar tidak berlibur ke Turki dan Mesir menyusul ketegangan politik dan keamanan di kawasan baru-baru ini.

 

“Pernyataan Presiden Putin agar warga Rusia mengalihkan libur musim dingin ke negara lain termasuk ke Asia Tenggara, perlu diantisipasi dan merupakan opportunity yang perlu diraih,” ujar Nia Niscaya. "Length of stay turis Rusia dan spending mereka juga tinggi sehingga berdampak positif bagi pariwisata kita.”

 

Dalam mengantisipasi limpahan turis Rusia tersebut, lanjut Nia, sejumlah faktor pendukung telah terdapat, antara lain kebijakan bebas visa wisata 30 hari bagi warga Rusia, kerjasama antara armada Aeroflot dengan Garuda Indonesia sebagai anggota Skyteam, dan adanya jalur penerbangan dari kota-kota selain Moskow menuju Indonesia melalui timur tengah atau kawasan timur Rusia.

 

Sejalan dengan Nia Niscaya, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Moskow Kiki Tjahjo Kusprabowo menegaskan pentingnya meningkatkan promosi wisata Indonesia di kota selain Moskow.

 

Penduduk kota Saint Petersburg, Kazan, Novosibirsk, Yekaterinburg, atau Vladivostok adalah potential tourists dan income mereka cukup tinggi. Selain itu dari kota-kota tersebut juga terdapat penerbangan langsung ke Dubai, Doha, Bangkok, Seoul, Tokyo atau Beijing. Karenanya, perlu dilakukan promosi di kota-kota Rusia tersebut, agar penduduknya tergerak melanjutkan liburan ke Indonesia,” ujar Kiki Kusprabowo. “Dan tentu saja jika dibuka direct flight Garuda Indonesia ke Moskow, atau (penerbangan Garuda) yang ke Amsterdam dapat stop-over di Moskow, dipastikan angka kunjungan warga Rusia ke Indonesia akan naik signifikan,” lanjut penggemar musik jazz ini.

Selama dua hari misi promosi “Wonderful Indonesia” tercatat lebih 100 responden mengisi angket wisata yang disediakan. Sebanyak 83% responden menyatakan ingin ke negara tropis selama libur musim dingin, 52% menyukai wisata pantai, dan 27% pernah ke Indonesia khususnya Bali. Terdapat pula beberapa komitmen bisnis yang didapat dua industri pariwisata nasional, Pegasus Indonesia dan Asia Collection, dan juga kantor VITO (Visit Indonesia Tourism Office) khususnya untuk wisata Blue Fire kawah Ijen dan Pulau Merah di Banyuwangi.

 

Kemeriahan di gerai “Wonderful Indonesia” juga kian menjadi berkat suguhan tari kontemporer “Wonderful Indonesia”, “Dolanan Jawa” dan “Tari Papua” yang dimainkan 5 penari sanggar tari binaan Kementerian Pariwisata  “Einof Production” pimpinan Einof serta tari Poco-poco dan Gemu Famire yang dimotori ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow menggoyang pengunjung yang datang. Kostum warna-warni penari yang memikat juga tak luput untuk dijajal dan menjadi momen foto bersama pengunjung. (Sumber: KBRI Moskow)