Rusia

Informasi Dasar

Federasi Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak didunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016).


Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Dari barat laut sampai ke tenggara, Rusia berbatasan dengan NorwegiaFinlandiaEstoniaLatviaLituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia, dan Korea Utara. Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian AlaskaAmerika Serikat di Selat Bering.

---

Nama Resmi Negara: Federasi Rusia


Bentuk Negara: Federasi


Ibukota: Moskow


Luas Wilayah17.098.242 km2


Jumlah Penduduk146.583.630


Lagu Kebangsaan: Hymne Russia


Agama: Kristen Orthodoks (Mayoritas)


Bahasa: Rusia


Mata Uang: Rubel


Hari kemerdekaan/nasional: 12 Juni 


Suku bangsa/etnis: 81% Rusia; 3,7% Tatar, 1,4% Ukraina, 1,1% Bashkir, 1,0% Chuvash, 0,8% Chechen, 11% lain-lain


Sistem pemerintahan: Republik semi presidensial


Nama Kepala Negara: Vladimir Putin


Nama Perdana Menteri: Dmitri Medvedev


Nama Menteri Luar Negeri: Sergey Lavrov


Nama Duta Besar Federasi Rusia untuk RI: Mikhail Galuzin


Nama Duta Besar RI untuk Federasi Rusia: M. Wahid Supriyadi


GDP: 3685 triliun USD


GDP per kapita: 25.185 USD


Komoditas ekspor utama: Minyak dan gas


Komoditas impor utama: Suku cadang mobil


Bendera: Tiga warna, Putih, Biru dan merah yang merupakan adaptasi dari Bendera Belanda


Etimologi:

Nama Rusia berasal dari kata 'Rus', yang merupakan nama daerah yang ditempati oleh suku bangsa Timur Slavia. Bagaimanapun nama ini menjadi penting dalam perjalanan sejarah, dan negara ini dinamai 'Russkaya Zemlya' (tanah Rusia), yang dapat diterjemahkan sebagai daerah Rusia.

Untuk membedakan negara ini dari negara-negara lain, kata 'Rus' juga dilambangkan sebagai 'Rus Kiev' oleh ahli sejarah modern. Nama 'Rus' sendiri berasal dari suku bangsa Rus, sekelompok orang Varangia (Suku Viking dari Swedia) yang mendirikan negara Rus.

Versi Latin Kuno 'Ruthenia' juga direferensikan sebgai 'Rus' yang diterapkan ke daerah Barat dan Selatan Rus yang berdekatan dengan Eropa. Nama negara 'Rusia' berasal dari sebutan Yunani Bizantium.


Geografi:

Rusia merupakan negara terluas di dunia. Luas wilayah 17.125.200 kilometer persegi. Terdapat 23 situs warisan dunia UNESCO, 40 biosfer UNESCO, 41 taman nasional dan 101 daerah alam. Rusia terbentang antara garis lintang utara 41 derajat dan 82 derajat dan garus bujur timur 19 derajat dan garis bujur barat 169 derajat.​