Tarian dan Gamelan Indonesia Memukau Penonton di Queretaro, Meksiko

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tari Topeng yang tampil diringi alunan musik gamelan pada Festival Internacional Alternativo de Artes Escenicas memukau sekitar 5000 penonton yang memadati Jardin Guerrero, 19-21 Agustus 2011.

 

Panggung khusus Indonesia menggelar tari-tarian tradisional yang ditampilkan oleh eks Darmasiswa dan gamelan oleh kelompok Indra Swara.   

 

Festival yang diselenggarakan di Queretaro, pada 15-21 Agustus 2011 ini merupakan festival seni alternative, baik musik, tari, teater, komedi, dan fotografía. Penyelenggaraan tahun ini diikuti oleh artis-artis/kelompok seni dari 14 (empat belas) negara, yaitu Argentina, Australia, AS, Brasil, Belgia, Indonesia, Kanada, Meksiko, Perancis, Polinesia, Rusia, Swiss, Yunani, dan Uruguay. Selain pagelaran seni, kegiatan lainnya yang menjadi rangkaian dalam festival tersebut adalah workshop/pelatihan musik, teater dan tari.

 

Pada acara pembukaan, Gubernur Queretaro, Jorge  Calzada Raviroza menyatakan  “melalui festival ini, kita mengenal perbedaan seni budaya dari berbagai negara, dan di panggung ini kita belajar memahami dan menghargai keragamannya.”

 

Festival ini ditutup dengan kolaborasi seni internasional yang ditampilkan oleh seluruh artis pengisi acara (21/08/2011). Ketua Penyelenggara, Luis Rene Vevngas Ramirez menyampaikan penghargaan kepada seluruh pengisi acara dan perwakilan negara/pemerintah negara sahabat yang telah mensukseskan festival ini.