Promosi TTI, Menggali Peluang Perluasan Pasar Kosta Rika

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Mexico City bekerjasama dengan Kamar Dagang Luar Negeri Kosta Rika (CRECEX) telah menyelenggarakan pertemuan bisnis bertemakan “Indonesia-Costa Rica, Fortalecer las Relaciones Comerciales, Turismo e Inversiones” di Hotel Radisson San Jose, 15 November 2011. Acara ini dilaksanakan dalam dua format yaitu One-on-one meeting pada pagi hari dan business luncheon pada siang hari. Penyelenggaran Business luncheon Indonesia-Guatemala menarik minat berbagai kalangan dan dihadiri oleh lebih kurang 150 orang, terdiri dari pengusaha anggota CRECEX, kalangan perbankan, wakil pemerintah daerah San Jose, wakil Kementerian Luar Negeri, wakil institusi pemerintahan lainnya, dan beberapa anggota asosiasi perindustrian serta kalangan diplomatik dan konsuler.
 
Presiden CRECEX, Luis Monge menyatakan "penyelenggaraan forum ini sangat tepat dan memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha di Kosta Rika mengenal potensi Indonesia, sekaligus mempergunakan kehadiran pengusaha Indonesia dan ITPC dalam mencari partner usaha.”
 
“Pemerintah Kosta Rika akan membantu sepenuhnya inisiatif KBRI Mexico City dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi. Sudah waktunya para pelaku usaha kedua negara untuk membuka wawasan baru, menggali peluang dan potensi bisnis di pasar baru” tegas Wakil Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Carlos Reversi Rojas dalam sambutannya.
 
Duta Besar RI Hamdani Djafar menyatakan bahwa forum ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk meng-expose potensi perdagangan antara Indonesia dan Kosta Rika.
 
“Penyelenggaraan temu usaha ini adalah untuk menjembatani kedua pihak atas peluang bisnis yang ada dan potensi yang ditawarkan,” demikian tutur Dubes Hamdani Djafar.
 
Disampaikan bahwa para pelaku usaha kedua negara dapat memanfaatkan potensi Kosta Rika yang telah memiliki North America FTA dalam rangka memperluas penetrasi pasar di utara yakni Amerika Serikat dan Meksiko. Lebih lanjut, Dubes RI optimis bahwa peningkatan hubungan perdagangan, pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan investasi di kedua negara.
 
Acara mendapat sambutan yang sangat baik dan cukup sukses, terlihat dari tingginya tingkat kehadiran pengusaha dan berbagai kalangan terkait di Kosta Rika serta berhasil mendapatkan trial order dengan jumlah yang cukup signifikan. Produk Indonesia yang diminati adalah ban, lantai kayu, produk terkait energi terbarukan, filter air dan lain-lain produk yang inquiries-nya ditampung baik oleh ITPC Mexico City maupun PT. Rasindo. (sumber KBRI Mexico City