Polri dan Kejaksaan Agung Meksiko Sepakat Bentuk Kerjasama Penanggulangan Kejahatan Transnasional

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Delegasi Indonesia yang terdiri dari wakil dari Set NCB Interpol, Divisi Hubungan Internasional Polri, wakil dari Dit. Perjanjian Polkamwil Kemlu, dan KBRI Mexico City telah melakukan perundingan finalisasi MoU Kerjasama Pemberantasan Kejahatan transnasional dan Peningkatan Kapasitas dengan counterpart nya dari Kejaksaan Agung (PGR) Meksiko yang diwakili oleh Dirjen Kerjasama Internasional, Direktur Kerjasama Bilateral, dan Kasubdit Perundingan dan Perjanjian Internasional PGR, serta 3 pejabat intelijen (CENAPI), pada 3 Agustus 2011 bertempat di kantor PGR. Pada perundingan tersebut, kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama yang meliputi pertukaran informasi, best practices and experiences, dan peningkatan kapasitas para aparat penegak hukum.
 
Delegasi Indonesia berhasil memasukkan usulan kerjasama dalam penanggulangan kejahatan dunia maya (cyber crime) dalam MoU. “Penanggulangan kejahatan dunia maya tidak dapat terpisahkan dari penanggulangan kejahatan transnasional, yang melewati batas ruang, waktu dan juridiksi negara. Selain itu, menghadapi perkembangan pesat teknologi informasi perlu diantisipasi perlindungan bagi para pengguna teknologi ini dari kejahatan dunia maya,”, demikian disampaikan oleh Kombes Pol. Moh. Safei.
 
Menanggapi kompleksitas kejahatan transnasional, dan mengingat tugas, fungsi dan kewenangan berada pada institusi yang berbeda di Meksiko, pihak PGR mendorong Polri untuk juga melakukan kerjasama dengan Kepolisian Federal Meksiko, khususnya terkait upaya pencegahan (prevention) kejahatan transnasional.
 
Kedua pihak telah menyelesaikan tahap perundingan dan memberi paraf (initial) pada MoU termaksud, dan diharapkan MoU tersebut dapat segera ditandatangani oleh Kapolri dan Jaksa Agung Meksiko.