Penandatanganan MoU Kerjasama Kehutanan RI-Meksiko: Sepakat untuk Ciptakan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Indonesia dan Meksiko telah sepakat untuk kerja sama di bidang pengelolaan hutan secara berkelanjutan dan penerapan strategi/kebijakan pengurangan emisi akibat deforestasi/degradasi hutan (REDD+) serta isu kehutanan lainnya melalui penandatangan MoU Kerja Sama Kehutanan antara Kementerian Kehutanan RI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Meksiko.  

Penandatanganan MoU dilakukan secara sirkular. Penandatangan pertama dilakukan oleh Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hassan di Jakarta pada tanggal 27 Juli dan penandatanganan kedua dilakukan di Mexico City pada tanggal 3 Agustus 2011 setelah pertemuan Forum Konsultasi Bilateral ke-4 RI-Meksiko. Penandatanganan MoU dilakukan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (SEMARNAT) Meksiko, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Mr. Juan Rafael Elvira Quesada yang disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Meksiko, wakil dari Kementerian Kehutanan RI, dan dari pihak Meksiko adalah Dirjen Kehutanan, Direktur Kerjasama Bilateral dan para pejabat Komisi Kehutanan Nasional Meksiko.

“Melalui kerjasama ini, Indonesia dan Meksiko akan bekerjasama untuk mengelola dan mempromosikan pengelolaan hutan secara berkelanjutan, yang tidak saja bermanfaat bagi kedua negara tetapi memberikan kontribusi positif terhadap penanganan perubahan iklim”, demikian disampaikan Dubes Hamdani Djafar dalam sambutannya pada kesempatan penandatanganan MoU di SEMARNAT.  

Sedangkan Menteri Lingkungan Hidup dan SDA Meksiko menyatakan bahwa program-program kerjasama dalam MoU akan semakin memperkuat upaya pembangunan berkelanjutan yang tentunya akan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat kedua negara.