Sambutan Presiden RI pada pertemuan B20, Los Cabos, Mexico

6/19/2012

Pada tanggal 17 Juni 2012 telah diselenggarakan pertemuan Pertemuan Puncak Bisnis 20 (B-20) di Los Cabos, Meksiko, yang merupakan rangkaian dari Konferensi Tingkat Tinggi G-20 ke-7. Dalam acara yang dihadiri komunitas bisnis dunia, policy makers, akademisi dan jurnalis  tersebut Presiden RI menyampaikan keynote speech mengenai pentingnya menciptakan kohesifitas yang terpadu antara Pemerintah selaku pembuat kebijakan, dan komunitas bisnis sebagai pelaku kebijakan.

Dalam pidatonya Presiden RI menyampaikan antara lain: (1) dalam menghadapi situasi perekonomian global yang tidak menentu komunitas bisnis dan pemerintah harus dapat meningkatkan sinerji kerjasamanya guna menciptakan stabilitas global di bidang keamanan pangan, pertumbuhan yang ramah terhadap lingkungan, penciptaan lapangan, transparansi, investasi dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi; (2) perlunya pengawasan kebijakan pemerintah yang bersifat permanen dan dapat memantau situasi bisnis secara  day-to-day. Hal tersebut dipandang perlu agar pengambilan keputusan dalam implementasi kebijakan pemerintah memiliki sifat pro-growth, pro-people, dan pro-business; (3) perlu adanya transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik. Hal tersebut dipandang perlu agar dapat memperkuat kepercayaan public terhadap pemerintah dan dapat mempercepat proses recovery.

Dalam kesimpulanya Presiden RI kembali menekankan bahwa implementasi hasil-hasil dari keputusan G-20 harus segera dilaksanakan, dan menekankan bahwa Indonesia telah menjalankan program-program untuk mengawal pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, sehat, kokoh serta kebijakan untuk meminimalisir dampak fiscal dari krisis finansial global. Pemerintah Indonesia mengajak seluruh pemimpin bisnis dunia untuk mengambil peluang sebaik baiknya dan melangkah dengan penuh optimisme.