KUNJUNGAN KRI DEWARUCI KE MANZANILLO, MEKSIKO, MARET 2012

3/21/2012

Kapal  tiang tinggi dari kelas Barquentine yang dimiliki dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia, KRI Dewaruci, akan berpartisipasi pada Sail Operasi Internasional 2012 dalam rangka memperingati 200 tahun perang 1812 dan penulisan US National Anthem "Spangled Banner Star ". Rangkaian acara diikuti oleh kapal angkatan laut, kapal layar tinggi dan pertunjukkan akrobatik udara dari tim Blue Angels, AL Amerika Serikat.

KRI Dewaruci akan berpartisipasi dimulai 17 April - 6 Juli 2012 di Amerika Serikat dan dari 11-14 Juli 2012 di Kanada. Sejumlah pelabuhan yang akan dikunjungi antara lain adalah New Orleans, Louisiana, Miami, Florida; Charleston, South Carolina, New York, Norfolk, Virginia, Baltimore, Maryland, Boston, Massachusetts di Amerika Serikat serta St Johns di Kanada. Selain itu, KRI Dewaruci juga akan mengunjungi ke pelabuhan Manzanillo di Meksiko dan Panama.

Merupakan sebuah tradisi untuk mengikuti pelayaran yang dimulai di USA dengan Pameran Dunia 1964 di New York City dan dilanjutkan untuk Bicentennial 1976, Centennial 1986 dari Patung Liberty, dan 2000 tahuPerayaan Milenium.

KRI Dewaruci dibangun di Jerman dan diluncurkan pada tahun 1953. Nama tersebut diambil dari mitologi Indonesia tentang Dewa kebenaran dan keberanian. KRI Dewaruci berpangkalan  di Surabaya, Indonesia di Laut Jawa. Beberapa tahun terakhir Dewaruci juga mengemban tugas sebagai duta budaya Indonesia ke seluruh dunia disamping fungsi utamanya sebagai sarana pelatihan bagi taruna angkatan laut. Diharapkan melalui partisipasinya dalam acara tersebut, Dewaruci dapat menghadirkan  keramahan Indonesia,  antara lain dengan mempertunjukkan berbagai seni budaya Indonesia sebagai media promosi  pariwisata dan budaya Indonesia.

Selama kunjungannya di berbagai pelabuhan, masyarakat umum dipersilahkan untuk melakukan kunjungan diatas kapal, dan KRI Dewaruci akan dibuka untuk umum. Pengunjung juga akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para pelaut muda berbakat Indonesia.