Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Mexico City

Detik-detik Proklamasi 1945 diperingati pula di Meksiko. Tepat pukul 10.00 waktu setempat, pada tanggal 17 Agustus 2016, sekitar 100 orang masyarakat Indonesia yang tinggal di Meksiko mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Secara hikmat, mereka mengikuti jalannya upacara yang berlangsung di halaman kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mexico City dan menghormati bendera merah putih yang dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera KBRI Mexico City. Upacara juga diikuti oleh Konsul Kehormatan RI di negara bagian Monterrey, Álvaro Barrera Segovia, serta pelajar sekolah Escuela de la Republica de Indonesia di Tacuba dan Colegio Indonesia di Coacalco.

 

Upacara ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai lambang ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia. Duta Besar RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, saat acara pemotongan tumpeng menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia bahwa sebagai rakyat Indonesia, kemerdekaan perlu disyukuri dan dimaknai sebagai momentum untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan mengayunkan langkah bersama untuk bekerja secara nyata meneruskan pembangunan. "Dengan kemampuan yang kita miliki serta kerja nyata, mari wujudkan Indonesia sebagai suatu bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong." Demikian disampaikan Dubes Yusra Khan.

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, potongan tumpeng yang biasanya diserahkan Dubes Yusra Khan kepada Warga Negara Indonesia yang rela menempuh perjalanan jauh dari kota lain untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi 1945 di Mexico City, kali ini diserahkan secara khusus sebagai simbol penghargaan dan apresiasi tinggi kepada Saudara Bannoedojo Pakoeningrat. Pak Beni, demikian ia biasa disapa, adalah staf KBRI Mexico City yang telah mengabdi selama 55 tahun tanpa henti sejak 1961 sebagai salah satu staf local KBRI Mexico City dan akan mengakhiri pengabdiannya pada tanggal 31 Agustus 2016 mendatang untuk kembali ke Yogyakarta, Indonesia.   

 

Kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah. Sajian nasi kuning mewarnai kehangatan ramah tamah antar sesama Warga Negara Indonesia beserta keluarga dan kerabat yang turut menghadiri upacara.

 

 

Mexico City, 17 Agustus 2016​