Bersama Peringati HUT 50 Tahun ASEAN

Duta Besar Indonesia, Duta Besar Malaysia, Duta Besar Filipina, Duta Besar Thailand, dan Duta Besar Viet Nam bersama seluruh pejabat diplomatik dari kelima Kedutaan Besar negara anggota ASEAN di ibukota Meksiko hikmat menyanyikan ASEAN Anthem, "The ASEAN Way", yang mengiringi pengibaran bendera ASEAN. Upacara pengibaran bendera ASEAN pada tanggal 8 Agustus 2017 ini adalah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ASEAN ke-50. Upacara yang berlangsung di Kedutaan Besar Malaysia ini dipimpin oleh Duta Besar Malaysia selaku Ketua Komite ASEAN di Mexico City (ASEAN Committee in Mexico City - ACMC) periode semester kedua tahun 2017.

 

Usai pengibaran bendera ASEAN, Duta Besar Malaysia, Mohammad Azhar bin Mazlan dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penyelenggaraan peringatan Hari ASEAN ke-50 sebagai momentum yang harus dimanfaatkan untuk memperkuat peran ASEAN di kawasan, serta untuk meningkatkan intensitas kerja sama antara ASEAN dengan Meksiko. Disampaikan pula bahwa peringatan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan Komunitas ASEAN yang terintegrasi.

 

Untuk menumbuhkan semangat kebersamaan sejalan dengan Komunitas Bersama ASEAN 2015, usai upacara, warga ASEAN menikmati suguhan aneka hidangan sarapan khas dari masing-masing anggota, antara lain nasi lemak dari Malaysia, dan nasi goreng kampung dari Indonesia. Menurut Duta Besar Republik Indonesia, Yusra Khan, kebersamaan warga ASEAN dalam rangka memperingati 50 Tahun ASEAN ini tentunya akan semakin mempererat kekerabatan yang mendorong kekompakan dalam bekerja sama untuk memperkenalkan ASEAN di Meksiko.

 

Hubungan sesama warga ASEAN di Mexico City yang erat dan hangat diakui oleh kalangan media yang hadir meliput jalannya upacara. Miguel Ottero dari Majalah Mundo Internacional menyampaikan pujiannya atas solidnya hubungan komunitas ASEAN yang kerap menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik formal maupun informal, untuk memperkenalkan ASEAN di Meksiko. Ottero juga sampaikan bahwa keeratan hubungan komunitas ASEAN semakin menginspirasi dirinya untuk lebih mengenal ASEAN dan memperkenalkan ASEAN di Meksiko.

 

 

Mexico City, 8 Agustus 2017​