Pembuatan Paspor RI Anak

Pembuatan Paspor RI Anak

DOWNLOAD FORM

Prosedur dan Persyaratan:
 
  1. Orang tua pemohon dapat datang langsung ke Counter Konsuler KJRI Melbourne dengan membawa paspor RI anak yang lama (jika mempunyai) pada setiap hari kerja (kecuali pada hari libur Indonesia dan Australia) antara jam 09.30am - 12.30pm.

  2. Mengisi Formulir Permohonan Paspor RI secara lengkap dengan huruf cetak, ditempel foto terakhir pemohon dan ditandatangani oleh orang tua pemohon.

  3. Membawa fotocopy akte kelahiran anak dan akte pernikahan kedua orang tua.

  4. Pas-foto pemohon terbaru sebanyak 2 (dua) buah ukuran paspor.

  5. Pembuatan Paspor baru dapat dilakukan paling cepat 6 (enam) bulan atau paling lambat 2 (dua) minggu sebelum habis masa berlakunya.

  6. Proses pembuatan Paspor RI baru memakan waktu minimum 4 (empat) hari kerja, kecuali dalam keadaan tertentu seperti paspor telah lama mati/habis masa berlakunya kekuranglengkapan dokumen dll, proses pembuatan paspor baru tersebut bisa memakan waktu lebih lama.

  7.  Visa Entitlement Verification Online (VEVO) yang terbaru minimum 10 hari sebelum tanggal aplikasi

  8. Menyertakan fotokopi Bukti Alamat orang tua terbaru apabila Alamat yang tertera di Paspor Berbeda dengan alamat terkini.

  9. Biaya pembuatan Paspor RI baru sebesar AU$40.00.

Catatan:

  1. Pembayaran biaya jasa di atas hanya dengan menggunakan sistem pembayaran EFTPOS (credit card & ATM), company cheque, bank cheque, money order dan tidak melayani pembayaran dalam bentuk cash Atau personal cheque.

  2. Sejak diberlakukannya paspor RI design baru pada tanggal 1 Mei 2005, maka paspor RI yang baru hanya berupa paspor Individu / Perorangan dan tidak ada lagi pengajuan paspor keluarga dengan demikian tidak diperkenankan lagi pencantuman foto anak pada paspor ibu / ayahnya.

  3. Pembuatan paspor RI baru dapat pula menggunakan jasa pos / kurir bagi WNI yang tinggal diluar kota Melbourne dengan menyertakan persyaratan lainnya termasuk paspor lama serta amplop balasan (Registered Post) dan pembayaran berupa money order

  4. Proses pembuatan paspor selama 4 (empat) hari kerja terhitung saat diterimanya dokumen tersebut dan tidak termasuk proses pengiriman dan pengembalian kembali kepada pemiliknya.

  5. Bagi anak dengan status “VISA Declaratory” di Australia, yang lahir sebelum 1 Agustus 2006 dan tidak pernah mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda, dan tidak memiliki paspor asing, maka dalam pembuatan paspor RI wajib menyertakan surat keterangan BELUM pernah membuat Paspor Australia dari Australian Passport Office (APO), Level 2, Collins Square, 747 Collins Street, Docklands,  di bagian Document Legalisation Area, pukul  08.30 am-13.00 pm, silahkan dijelaskan bahwa surat tersebut dibutuhkan untuk pembuatan paspor RI di KJRI Melbourne.   ​


PERHATIAN

Apabila terjadi kerusakan / kehilangan / keterlambatan selama dalam proses pengiriman Paspor melalui Pos bukan menjadi tanggung jawab Bagian Konsuler KJRI Melbourne.  


KJRI Melbourne hanya melayani pembuatan paspor RI kepada Warga Negara Indonesia yang berada di wilayah kerja Victoria dan Tasmania