ASIA TOPA 2017 - ART IS A PRAYER by TISNA SANJAYA

ART IS A PRAYER by TISNA SANJAYA



Asia TOPA: Asia-Pacific Triennial of Performing Arts merupakan Pertunjukan seni Asia Pasifik  tiga tahunan yang menampilkan Seni Kontemporer negara-negara Asia yang di selenggarakan di Melbourne sejak tanggal 13 Februari - 6 Maret 2017. Asia TOPA menggambarkan seni yang kreatif dan imajinatif berisikan budaya-budaya dari berbagai wilayah.

Seperti yang ditampilkan oleh seniman Indonesia Tisna Sanjaya dalam praktek seni kolaboratif berjudul “Art is a Prayer” yang menggabungkan inovasi, pertunjukan serta kesadaran sosial.

Diiringi musik karawitan, Tisna Sanjaya melukiskan 9 pintu dengan bubuk kunyit, arang, jahe, dan asam. “9 pintu ini menggambarkan 9 wali yang membawa agama Islam masuk ke Indonesia, dalam artian pintu-pintu inilah yang membuka hati yang gelap menjadi terang, dan menutup hati yang gelap menjadi terang. 9 pintu yang berbeda-beda ini juga sebagai simbol adanya pilihan-pilihan ruangan baru bagi kita menuju alur hidup kita masing-masing” jelas Mbah Njum, satu dari rombongan seniman yang datang dari Jawa Barat bersama Kementrian Pariwisata.

Pemilihan judul “Art is a Prayer” juga merupakan satu pergerakan budaya yang bertujuan menyampaikan doa para seniman kontemporer yang saat ini sedang tersisih agar masyarakat tidak meninggalkan warisan budaya yang merupakan aset bangsa.