Upacara 17 Agustus 2013, Melbourne

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada 17 Agustus 2013, bertempat di KJRI Melbourne, telah dilakukan upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68. Upacara diikuti oleh Warga Negara Indonesia yang berada di Victoria, para anggota TNI yang sedang menimba ilmu di Melbourne, para sahabat, mahasiswa, murid-murid, guru-guru dan orang tua murid dari beberapa sekolah yang mengajarkan bahasa Indonesia, serta kalangan media. Sebagai pengibar Bendera Merah Putih, KJRI Melbourne telah membina para mahasiswa dan anggota masyarakat untuk menjadi anggota Paskibra KJRI Melbourne 2013.

Dalam kesempatan ini, KJRI Melbourne memberikan penghargaan kepada dua orang atas jasa-jasanya dalam meningkatkan hubungan RI-Australia, yaitu Bapak M. Slamet atas jasanya yang dengan gigih memperkenalkan dan mengajarkan bahasa Indonesia di Wilayah Victoria, dan Bapak Harry van den Broek, Ketua Gerakan Foster Parents Indonesia, yang telah sejak lama selalu memberikan bantuan bea siswa kepada anak-anak tidak mampu di Indonesia.

Siang harinya, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra KJRI Melbourne 2013 di Federation Square (lapangan di tengah kota Melbourne yang melambangkan multikulturalisme kota Melbourne). Upacara di lapangan ini terasa khidmat, dengan diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya” ketika pengibaran bendera dilakukan. Banyak masyarakat kota Melbourne ikut serta menyaksikan upacara pengibaran bendera di Federation Square ini.