Sleman dan Banda Aceh Siap Kembangkan Smart City seperti Melbourne

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Menghadapi era ekonomi digital, berbagai program inovasi digalakkan untuk membangun kesadaran dan kesiapan masyarakat Indonesia. Pelaksanaan ajang penghargaan bergengsi Indonesia Digital Society Award (IDSA) kerja sama MarkPlus.Inc, dan PT. Telkom tahun 2014 merupakan salah satu upaya menjawab kebutuhan dimaksud.

Sebagai pemenang program ini, Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Saa’duddin Djamal, SE dan Bupati Sleman, Drs. Sri Purnomo, M.Si berkesempatan melakukan kunjungan benchmark ke Melbourne pada 17 – 21 Februari 2015. “Hal ini merupakan bentuk penghargaan,” demikian disampaikan Duddy Efendi dari  PT. Telkom kepada KJRI Melbourne.

“Program ini memungkinkan para peserta melakukan sharing dan lobby kerja sama terkait digital initiatives and implementation seperti e-government, e-health, e-education, creative hub dan tourism promotion, melalui pertemuan dengan sejumlah instansi swasta dan pemerintah terkait Information, Communication and Technology (ICT) di Melbourne”, lanjut Duddy.  

Walikota Banda Aceh dan Bupati Sleman menyampaikan bahwa implementasi ICT di kota Melbourne dan negara bagian Victoria sangat inspiratif. Program benchmarking berjalan lancar, dalam suasana yang bersahabat dan sangat cooperative. Beberapa pihak yang ditemui antara lain Ministry of Small Business, Innovation and Trade; University of Melbourne; Digital Engagement Victoria; National Information Communication Technology (NICTA), menyatakan siap menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat dengan kedua daerah tersebut. 

“Hasil program benchmark ini akan kami tindaklanjuti melalui penyusunan ICT Blueprint yang lebih baik, serta terus mempererat kerja sama pengembangan Digital Network Indonesia - Victoria demi peningkatan daya saing dalam e-marketing di skala regional maupun global”, demikian disampaikan kedua pejabat tersebut.