Semangat Merdeka dan Rindu Tanah Air berpadu pada HUT RI ke-70 di Marseille

“AYO KERJA untuk Bangsa! AYO KERJA untuk Negara! AYO KERJA untuk Rakyat”, demikian seruan inspektur upacara Konsul Jenderal RI Marseille kepada peserta upacara Pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-70 tanggal 17 Agustus 2015. Hadir pada upacara tersebut keluarga besar KJRI Marseille, WNI di wilayah Perancis Selatan (Marseille, Toulon, Toulouse, Nice, Martigue, Marignane, Montpellier), Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Marseille, wakil PPI Lyon, dan masyarakat pemerhati Indonesia.
 
Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Marseille, Perancis, Ibu Dewi M. Kusumaastuti telah menyampaikan pokok-pokok Pidato Kenegaraan Presiden RI tanggal 14 Agustus 2015 serta mengajak hadirin untuk melaksanakan pesan Presiden RI dalam pidatonya dimaksud. Disampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas peran aktif seluruh WNI dan PPI di wilayah kerja KJRI Marseille yang telah mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari perayaan Hari Olah Raga dan Hari Anak Nasional pada tgl. 8 Agustus, bhakti sosial tgl. 13 dan 14 Agustus, hingga Upacara Bendera tgl. 17 Agustus 2015.
 
Peringatan HUT RI ke-70 tahun 2015 yang dihadiri oleh sekitar 250 orang tersebut berjalan lancar dan khidmat. Suasana terasa istimewa dengan alunan lagu-lagu nasional yang dinyanyikan oleh kelompok Aubade anak-anak dan PPI Marseille. Semangat merdeka disusul dengan rasa haru dan rindu akan tanah air tampak dari para hadirin yang ikut larut menyanyikan lagu perjuangan, beberapa diantaranya menitikkan air mata saat bernyanyi lagu “ Tanah Air “ gubahan Ibu Sud.
 
Selepas upacara bendera, dilakukan pemotongan tumpeng Peringatan HUT RI oleh Konjen RI Marseille yang didampingi homestaff KJRI Marseille untuk diberikan kepada WNI paling senior dan paling muda. Disampaikan pula dongeng Si Kancil dalam Bahasa Perancis untuk memperkenalkan cerita fabel asli Indonesia kepada anak-anak khususnya yang lahir dan besar di Perancis, serta pembagian hadiah bagi para pemenang pertandingan badminton dan petanque serta lomba anak-anak.
 
Perayaan HUT RI ke-70 diakhiri dengan foto bersama serta santap siang dengan menu khas Indonesia seperti nasi kuning, daging serundeng, ikan acar kuning, ayam goreng, perkedel, telur balado, kering kentang dan kacang, es buah, lapis dan kue-kue khas Indonesia lainnya yang semakin menggugah kenangan indah tentang Indonesia.