Promosi Pariwisata pada "Malam Indonesia" di KJRI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Musik Degung Sunda serta nuansa eksotik Indonesia menyambut datangnya para undangan di KJRI Marseille dalam acara “Malam Indonesia” yang diselenggarakan KJRI bekerja sama dengan agen perjalanan Galeries Lafayette Voyages dan Asia Voyages pada tanggal 12 Maret 2009.
 
Malam Indonesia tersebut ditujukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan objek-objek wisata Indonesia yang dikemas dalam bentuk tayangan video dan brosur/leaflet bahan cetakan lainnya kepada para calon wisatawan Perancis yang akan berangkat pada musim panas 2009 ini ke Indonesia.
 
Mereka yang hadir pada malam itu berjumlah sekitar 150 orang berasal dari kota Marseille dan sekitarnya, terdiri dari pensiunan maupun pasangan muda yang akan melakukan perjalanan honey moon ke Bali. Selain itu, terdapat pula sejumlah undangan dari KJRI untuk warga Perancis yang tertarik ingin pergi ke Indonesia pada liburan musim panas mendatang.
 
“Galeries Lafayette Voyages mengucapkan terima kasih atas kerja sama KJRI Marseille dalam menyelenggarakan Malam Indonesia ini. Dengan acara ini, diharapkan para calon wisatawan dapat mengenal sedikit terlebih dahulu mengenai Indonesia, sebelum akhirnya benar-benar mengeksplornya,” demikian kata Jean-Marie Guivarch’ Direktur Galeries Lafayette Voyages, dalam sambutannya.
 
Sementara itu, dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI, Nahari Agustini, menyampaikan terima kasih atas inisiatif dan kerja sama kedua agen perjalanan tersebut. Kepada para calon wisatawan, Konjen RI menjelaskan mengenai alam dan budaya Indonesia, serta mengenai meningkatnya kunjungan wisatawan asing ke Indonesia seiring dengan semakin kondusifnya keamanan dalam negeri.
 
Dalam acara tersebut, pihak Asia Voyages menyampaikan presentasi mengenai objek-objek wisata Indonesia yang diorganisir oleh kedua agen perjalanan tersebut, khususnya Bali dan Jogjakarta. Acara tersebut dimeriahkan oleh tarian Yapong dari Jakarta, serta Legong dan Baris dari Bali, dan makanan cocktail Eropa dan Asia yang disediakan oleh catering pihak Galeries Lafayette Voyages. Sedangkan KJRI menyajikan makanan khas Indonesia, seperti mie goreng, risoles, wingko, dan peyek, serta buah-buahan tropis.
 
KJRI Marseille juga menampilkan dekorasi nuansa Indonesia, seperti foto-foto alam dan budaya Indonesia, wayang kulit dan golek, kain batik, kain prada dari Bali, payung Bali, patung-patung, dan sepasang manekin berpakaian adat Palembang. Para panitia baik dari pihak KJRI maupun Galeries Lafayette Voyages mengenakan keragaman pakaian adat tradisional Indonesia yang membuat menarik perhatian para undangan.
 
Kerja sama KJRI Marseille dengan Galeries Lafayette Voyages dan Asia Voyages merupakan promosi yang sangat positif untuk mempromosikan citra dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Perancis mengingat mereka memiliki kebiasaan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama Asia, pada saat liburan musim panas.
 
Menurut situs Galeries Lafayette, Indonesia, bersama dengan Thailand, berada di posisi ketiga tujuan wisata bagi pasangan baru menikah di Perancis. Sedangkan di urutan pertama adalah Kepulauan Seychelles, Karibia, Maldives, dan Polinesia, serta di urutan kedua adalah Kenya, Afrika Selatan, dan Amerika Latin.