Promosi Pariwisata Indonesia di kota Toulouse

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KJRI Marseille kembali tampil dan  berpartisipasi pada pemeran pariwisata internasional Salon du Tourisme Mahana” yang diselenggarakan di kota Toulouse, Perancis Selatan dari tanggal 5-7 Februari 2010 dengan mendirikan stand Indonesia seluas 12 m. Kehadiran KJRI pada pameran di kota Toulouse ini merupakan pertama kalinya dan sangat strategis mempromosikan Pariwisata Indonesia karena diikuti 300 peserta pameran yang terdiri dari para pengusaha travel agent Perancis, tour operators, hotel dan pengusaha restaurant  serta sejumlah perwakilan promosi tourisme dari berbagai negara  seperti  tourisme promotion office dari Spanyol,  Portugis, Greece, Egypt, Jordan, Tunis, Guatemala, Mexico, Peru, Argentina, Panama dan Cuba.

Pameran tersebut diorganisir oleh Asosiasi Tourisme MAHANA bekerjasama dengan pemerintah daerah wilayah regional Midi-Pyrénées yang bertujuan untuk mempromosikan obyek-obyek wisata di berbagai daerah Perancis dan  tempat-tempat liburan ke luar negeri. Pada hari pembukaan, President du Conseil Regional Monsieur Martin Malvy, yang didampingi pejabat Wali Kota Toulouse dan panitia penyelenggara pameran secara khusus mengunjungi stand Indonesia sebagai tanda apresiasi atas keikutsertaan KJRI Marseille pada pameran tsb. Beliau menyampaikan sangat senang menyambut keikutsertaan Indonesia yang telah ikut menyemarakkan  pameran tahunan  ini,  serta mengharapkan KJRI dapat  ikut berpartisipasi pada pameran tahun depan.      

Stand Indonesia  yang dihiasi dengan corak ragam  budaya, kerajinan tenun ikat dan poster keindahan alam laut, pulau-pulau berpasir dan pulau komodo yang dilengkapi dengan brosur-brosur pariwisata, leaflet, buku-buku promosi lainnya serta  tayangan video mengenai keindahan taman laut, pemandangan pantai, flora dan fauna dan pulau komodo, membuat para pengunjung banyak singgah di stand Indonesia, setiap harinya. Para pengunjung stand umumnya ingin mendapatkan informasi mengenai daerah-daerah tujuan wisata yang sangat menarik dengan pemandangan alamnya dan kehidupan masyarakat tradisionil.  

Sejumlah agen-agen perjalanan  menawarkan paket liburan kepada pengunjung baik untuk liburan  keluarga, individu maupun grup dengan harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Salah satu agen perjalanan Perancis menawarkan tiket liburan ke Indonesia seharga Euro 1200/orang.  Menurut Bruno Jouanny, Direktur Asia Voyages menjelaskan bahwa kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia lewat travelnya meningkat setiap tahun dan daerah yang sangat diminati adalah pulau Bali, Jawa Tengah, Lombok, Sulawesi Utara dan Kalimantan.  Agen perjalanan tersebut mengharapkan pada pameran tahun depan agar KJRI mendirikan stand satu atap dengan Asia Voyages sehingga dapat saling melengkapi memberikan informasi kepada pengunjung. (sumber : KJRI Marseille)