Promosi Pariwisata Indonesia dalam Pameran Internasional Pariwisata di Nice, Perancis Selatan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 22-23 November 2008 KJRI Marseille berpartisipasi dalam Pameran Internasional Pariwisata Côte d’Azur ke-4 (4e Salon International du Tourisme du Côte d’Azur/SITCA) di Palais des Exposition di kota Nice, Perancis Selatan. Pameran yang diselenggarakan oleh BO2 tersebut dibuka oleh Wakil Walikota bidang Pariwisata kota Nice (Adjoint au Maire du Tourisme), Rudy SALLES dan diikuti oleh 54 peserta terdiri dari perusahaan penerbangan dan maritim, tour operator, agen perjalanan, perhotelan, kantor pariwisata, dan asosiasi internasional, dan dihadiri oleh lebih dari 300 pengusaha di bidang pariwisata, serta dikunjungi oleh tidak kurang dari 12.000 pengunjung.
 
Pada kesempatan itu, KJRI Marseille menyewa stand seluas 12 m² dan memamerkan foto-foto, poster-poster pariwisata Indonesia, berupa alam (flora dan fauna), situs sejarah, dan kehidupan budaya Indonesia, serta peta Indonesia dan wayang golek. KJRI Marseille juga memutar DVD mengenai pariwisata Indonesia dan musik-musik tradisional, seperti degung Sunda, selama pameran berlangsung. DVD mengenai pariwisata Indonesia juga didisplay di layar lebar di pintu masuk. KJRI Marseille menampilkan 4 tarian tradisional yang dibawakan oleh 2 penari, yaitu tari Rantak dari Sumatera Barat, tari Ponggawa dari Jawa Barat, serta tari Pendet dan tari Cenderawasih dari Bali. Setiap tarian yang dibawakan selalu dipresentasikan terlebih dahulu sedikit resensi dan asal dari tarian tersebut oleh MC sehingga penonton dapat mengerti signifikansi dari setiap tarian. Selain itu, stand KJRI juga menyuguhkan cicipan tradisional berupa wingko dan kue lapis yang disukai oleh setiap pengunjung.
 
Para pengunjung sangat antusias menanyakan pariwisata dan budaya Indonesia. KJRI Marseille menyebarkan informasi mengenai tempat-tempat wisata Indonesia, baik menjawab berbagai pertanyaan serta membagi-bagikan brosur dan kartu pos pariwisata, dan mendisplay buku-buku mengenai keindahan Indonesia. KJRI juga bekerja sama dengan sebuah agen perjalanan Perancis, Galeries Lafayette Voyages, untuk melayani pertanyaan dari pengunjung mengenai paket wisata ke Indonesia, seperti paket penerbangan dan tarif, serta fasilitas akomodasi/hotel. Kebanyakan dari pengunjung yang berminat untuk melakukan kunjungan wisata ke Indonesia lebih menyukai perjalanan dengan sistem paket dan wisata tematik, seperti volcan tourism dan marine (diving) tourism. Sebagian dari mereka juga mencari tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi turis.
 
Mengingat tingginya animo masyarakat Perancis Selatan untuk melakukan kunjungan wisata ke Indonesia, terutama ke tempat-tempat yang spesifik, KJRI Marseille memandang bahwa pameran internasional semacam ini merupakan media yang sangat positif untuk menyebarkan berbagai informasi mengenai pariwisata Indonesia guna meningkatkan wisatawan mancanegara, terutama yang berasal dari Perancis Selatan.