Pesona Mistis Dayak di Martigues, Perancis

KJRI Marseille telah mendukung partisipasi grup tari Mekar Pribadi yang menampilkan tarian dan musik dari Kalimantan/ Borneo, khususnya suku Dayak, pada Festival Martigues di Kota Martigues (sekitar 35km dari Kota Marseille) tanggal 22 Juli 2015. Untuk pertama kalinya, kesenian daerah Kalimantan ditampilkan pada Festival yang berlangsung tanggal 19-26 Juli 2015.
 
Para penari dan musisi Mekar Pribadi yang berjumlah 16 (enam belas) orang merupakan pemuda-pemudi yang berasal Kalimantan. Mereka telah membawakan tarian Hudoq (bercerita tentang harapan agar masa bercocok tanam menghasilkan panen yang berlimpah); tarian Tingang Madong (tarian burung suci); tarian Gantar (tarian penyambutan kepada pejuang yang datang dari perang); tarian Mandau Ngayau (tarian pergulatan batin antara kebaikan dan kejahatan) dan tarian Alam Kalimantan (bercerita tentang suasana berburu). Diiringi dengan alunan alat musik khas Kalimantan, Sape, keseluruhan paket penampilan berhasil memukau sekitar 300 penonton yang hadir dan larut dalam nuansa mistis animisme Suku Dayak yang mempesona.
 
Pada malam tersebut, kesenian Borneo ditampilkan bersama dengan kesenian dari Kirgistan, Rusia dan Serbia. Pada akhir pertunjukkan, seluruh penari berkolaborasi dan menampilkan satu tarian yang dibawakan dengan kompak. Grup Tari Mekar Pribadi juga akan tampil di Balaikota Martigues, di hadapan para pejabat setempat.
 
Selain Festival Martigues dan dalam waktu kunjungan budaya selama lebih kurang 50 hari di Perancis, grup tari Mekar Pribadi yang didukung oleh Yayasan Mekar Pribadi (pimpinan Ibu Oetari Noor Permadi) akan berpartisipasi pada 6 Festival lainnya di 6 kota, yaitu kota St. Malo, Ambert, Montoire, Felletin, Maintenon dan Haguenau. Selain tari-tarian, grup tari ini juga mempromosikan souvenir khas Indonesia, khususnya Kalimantan, yang dijual kepada penonton Festival. 
 
Festival Martigues 2015 merupakan festival tahunan yang ke-27. Layout panggung ditata di atas kanal dan dilatarbelakangi rumah-rumah penduduk, terkesan unik dengan dukungan tata suara dan cahaya yang baik. Festival Martigues merupakan festival milik seluruh masyarakat setempat, karena para artis dan seniman dari berbagai negara diinapkan di rumah-rumah penduduk (host family) sehingga dapat merasakan keseharian budaya Perancis dari dekat. Menurut Wakil Ketua Penyelenggara Festival, M. Raymond Yves-Martinez, diperkirakan Festival Martigues tahun 2015 akan dihadiri oleh sekitar 2000 orang yang berasal dari masyarakat setempat dan juga turis mancanegara.