Malam Budaya Indonesia bersama Grup Kesenian Jembrana Bali di kota Marseille, 15 Februari 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah acara pertunjukan yang tidak kalah menarik perhatian masyarakat Perancis pada saat KJRI menyelenggarakan malam budaya Indonesia di kota Marseille pada tanggal 15 Februari 2010 bekerjasama dengan Grup Kesenian Jemrana Bali. Malam budaya Indonesia  dengan topik « Spectacle de dance Balinaise » dihadiri sebanyak 243 orang undangan dari kalangan instansi pemerintah, akademisi, pengusaha, pers dan masyarakat Perancis lainnya. Pada acara pembukaan, Konjen RI menyampaikan bahwa  pagelaran  seni-budaya yang ditampilkan oleh grup kesenian Jembarana Bali tersebut adalah merupakan wujud kontribusi Indonesia dalam mendukung kota Marseille sebagai ibu kota budaya Eropa 2013. Kehadiran Grup kesenian Bali tersebut juga merupakan inisiatif Indonesia dalam upaya meningkatkan pertukaran budaya kedua negara. Indonesia selama ini telah ikut aktif berpartisipasi dalam berbagai festival kesenian local maupun internasional yang diselengarakan oleh pemerintah daerah ataupun asosiasi kebudayaan Perancis selatan, sebagai tanda semakin eratnya persahabatan kedua negara termasuk masyarakatnya.  

Acara dimulai dengan presentasi dari agent perjalanan « Asia Voyages » yang mempromosikan tentang objek-objek wisata di Indonesia, acara Coctail dengan makanan-makanan kecil masakan Indonesia dan dilanjutkan dengan pertujukan.  Penampilan dengan gerakan tari-tarian Bali yang mempersona tampil diatas panggung sangat memikat hati para undangan dan pada saat acara penutupan, penari wanita Bali tersebut mengajak penonton turut naik panggung sambil mengikuti gerak-gerik tarian mereka sehingga menambah meriahnya suasana di gedung pertunjukan yang dipadati  oleh pengunjung. 

Penampilan tarian-tarian Sekar Jagat, Tabuh Tegak, Jauk Manis dan musik Tabuh Selingan serta tarian Jejogedan yang diiringi musik gamelan Bali telah menggugah para undangan memberikan tepuk tangan sebagai tanda apresiasi mereka. Kehadiran grup kesenian Jembrana Bali  tersebut dibawah pimpinan Sekda Kabupaten Jembrana melakukan kunjungan  ke Marseille atas undangan Konsulat Jenderal RI Marseille dalam rangka partisipasi Indonesia pada pameran coklat internasional di kota Marseille.  (sumber: KJRI Marseille)