Indonesia

Hubungan bilateral RI – Perancis telah terjalin baik sejak September 1950 dan selama ini hubungan kedua negara terus menunjukan peningkatan tanpa menghadapi masalah-masalah yang mengganggu hubungan antara kedua negara. Momentum pengingkatan hubungan bilateral RI- Perancis ditandai dengan saling kunjung antara pejabat kedua negara baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral, serta sikap saling memberikan dukungan terkait pencalonan keanggotaan kedua negara di berbagai lembaga organisasi Internasional.

Pada tanggal 14 Desember 2009 Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono mengadakan kunjungan resmi ke Perancis dan melakukan pertemuan Bilateral dengan Presiden Perancis Nicholas Sarkozy dalam rangka membahas kerjasama bilateral kedua negara. Hubungan kerjasama bilateral kedua negara semakin diperkuat dengan kunjungan PM François Fillon ke Jakarta pada bulan Juli 2011. Dalam kunjungan ini, kedua negara menyepakati Deklarasi Bersama mengenai kemitraan Strategis Indonesia – Perancis, yang memprioritaskan lima pilar kerjasama, yaitu perdagangan dan investasi, pendidikan, industri pertahanan, kebudayaan dan pariwisata, serta pengurangan dampak perubahan iklim.

Kunjungan Menteri Ekuin Perancis, Christine Lagarde bersama 40 pengusaha dan investor besar Perancis ke Jakarta bulan februari 2011 juga merupakan momentum penting dalam hubungan ekonomi antar kedua negara. Menteri Lagarde menyampaikan terget peningkatan sebesar 10 persen volume perdagangan dan investasi Perancis di Indonesiea. Disisi investasi, Perancis merupakan investor negara eropa ke – 5 terbesar di Indonesia setelah Inggris, Belanda, Jerman , dan Italia.

Dibidang sosial dan budaya, saat ini terdapat 38 Asosiasi Franco – Indonesia yang bergerak dibidang sosial dan tersebar diberbagai kota di Perancis. Keberadaan lembaga-lembaga ini memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan kedua negara melalui people to people contact. Selain itu terdapat pula beberapa perguruan tinggi di Perancis yang memiliki program pengajaran bahasa Indonesia.

Berbagai kerjasama promosi kebudayaan dan pariwisata secara rutin dilaksanakan antara Pemerintah RI khususnya pemerintah daerah dengan pemerintah Perancis, lembaga-lembaga Perancis yang bergerak dibidang kebudayaan, asosiasi-asosiasi Perancis – Indonesia diberbagai kota di Perancis. Berdasarkan data dari Kementrian Budaya dan Pariwisata RI, jumlah wisatawan Perancis yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2009 adalah 158.250 orang dan meningkat pada tahun 2010 sebesar 163.364 orang.

Dibidang pendidikan, Indonesia dan Perancis menandatangani Joint Working Group (JWG) dalam program Double Degree di tingkat Master (S2), program Joint Supervision ditingkat Doktor (S 3) antara perguruan tinggi kedua negara yang didanai bersama oleh kedua negara. Jumlah mahasiswa Indonesia saat ini di Perancis tercatat sebesar 425 orang yang tersebar disemua strata.Ini adalah jumlah yangtertinggi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Selainitu, kerjasama dibidang pendidikan menengah kejuruan juga ditandai dengan program magang beberapa guru SMK di Perancis.

Dibidang pertahanan, kerjasama bilateral Indonesia – Perancis didasarkan pada Memorandum Kesepahaman (MOU) antara Kementrian pertahanan RI dan Kementrian Pertahanan Perancis tahun 1996 tentang Kerjasama dalam Bidang Peralatan, Logistik dan industri Pertahanan. Kerjasama ini ditingkatkan dengan pelaksanaan Military Bilateral Talks antara Mabes TNI dan Mabes AP Perancis yang menyepakati kerjasama dibidang pendidikan, pertukaran informasi dan kunjungan pejabat Mabes TNI dan Mabes AP Perancis.

Kedutaan : Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perancis

Embassy of the Republic of Indonesia

________________________________________

Ambassador : H.E. Mr. Drs. Rezlan Ishar Jenie

Address : 47-49 rue Cortambert, 75116 Paris, France Phone : (33-1) 4503-0760 Fax : (33-1) 4504-5032, 4072-7063 Email : komparis@online.fr Website : www.amb-indonesie.fr / paris.kemlu.go.id (new)

Indonesian Consulate General in Marseille

________________________________________

Consul General : H.E. Mrs. Adriana Hermin Mala

Address : 25 Boulevard Carmagnole, 13008 Marseille, France Phone : (33-491) 230-160 Fax : (33-491) 714-032 Email : kjri-mar@indonesia-mrs.com Website : http://www.cons-indonesie.com / marseille.kemlu.go.id (new)