Surat Keterangan

KBRI dapat menerbitkan Surat Keterangan untuk berbagai keperluan yang akan digunakan baik di Indonesia maupun di Mozambique atau Malawi. Jenis-jenis Surat Keterangan yang diterbitkan oleh KBRI adalah sebagai berikut:

A. Surat Keterangan Nikah
Bagi WNI yang telah melangsungkan pernikahannya di Mozambique maupun Malawi dan hendak mendaftarkan pernikahannya di Indonesia, KBRI akan menerbitkan Surat Keterangan Nikah yang diperlukan dalam proses pendaftaran pernikahan tersebut. Persyaratan dokumen untuk pengurusannya adalah sebagai berikut:

  1. Salinan Akta Nikah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Setempat;

  2. Salinan paspor masing-masing suami dan isteri;

  3. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  4. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.


B. Surat Keterangan Status Sipil

Surat Keterangan Status Sipil adalah surat yang menerangkan dan menyatakan status perkawinan seseorang (lajang/ kawin/ duda/ janda) yang dibutuhkan sebagai prasyarat untuk melangsungkan pernikahan di Mozambique maupun Malawi. Persyaratan dokumen untuk pengurusannya adalah sebagai berikut:

  1. Surat Keterangan Status Perkawinan yang diterbitkan oleh KUA atau Catatan Sipil di Indonesia tidak lebih dari 6 (enam) bulan dan telah dilegalisasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dan Kementerian Luar Negeri RI )*;

  2. Salinan paspor masing-masing pemohon dan pasangan;

  3. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  4. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini (jika diperlukan):

    • Akta Perceraian bagi yang telah bercerai;

    • Akta Kematian pasangan apabila pasangan sebelumnya telah meninggal.

  5. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.


Catatan:

* Apabila Surat Keterangan Status Perkawinan dari KUA/Catatan Sipil Indonesia tidak dapat diperoleh karena alasan domisili di Mozambique maupun Malawi, maka surat tersebut dapat diganti dengan Akta/Surat Pernyataan yang dibuat di depan notaris di Mozambique maupun Malawi dan kemudian dilegalisasi oleh Kanselerai Kanton Mozambique atau Kanselerai Malawi.


C. Surat Keterangan Perceraian

Surat Keterangan Perceraian adalah bukti pencatatan perceraian WNI di Malawi maupun Mozambique yang diterbitkan oleh KBRI. Persyaratan dokumen untuk pengurusannya adalah sebagai berikut:

  1. Salinan Akta Perceraian yang diterbitkan oleh Pemerintah setempat;

  2. Salinan Akta Perkawinan;

  3. Salinan Paspor pemohon;

  4. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  5. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.


D. Surat Keterangan Kelahiran

KBRI menerbitkan surat keterangan ini bagi anak WNI maupun pemegang status  warga negara ganda yang lahir di Mozambique maupun Malawi, yang diperlukan untuk mendaftarkan kelahiran tersebut di Kantor Catatan Sipil di Indonesia. Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Kelahiran adalah sebagai berikut:

  1. Akta Kelahiran anak, asli dan salinannya;

  2. Foto anak 1 (satu) lembar, berwarna ukuran 4×6 cm;

  3. Salinan paspor ayah dan ibu dari anak;

  4. Akta nikah orangtua, asli dan salinannya;

  5. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  6. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.


E. Surat Keterangan Kematian

Surat Keterangan Kematian adalah bukti pencatatan kematian WNI di luar negeri yang diterbitkan oleh Perwakilan Republik Indonesia di negara tempat peristiwa kematian terjadi. Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Kematian adalah sebagai berikut:

  1. Salinan akta kematian yang diterbitkan oleh otoritas Mozambique atau Malawi;

  2. Paspor asli almarhum/ almarhumah;

  3. Salinan kartu identitas almarhum/ almarhumah;

  4. Pembuatan Surat Keterangan Kematian tidak dipungut biaya.


F. Surat Keterangan Jenazah/ Abu Jenazah

KBRI menerbitkan Surat Keterangan Jenazah/ Abu Jenazah yang diperlukan untuk pengurusan jenazah atau abu jenazah yang akan dimakamkan di Indonesia. Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Jenazah/ Abu Jenazah adalah sebagai berikut:

  1. Salinan akta kematian yang diterbitkan oleh otoritas Mozambique atau Malawi;

  2. Surat Keterangan dari Funeral Home, yang menerangkan bahwa jenazah almarhum/almarhumah bebas dari penyakit menular;

  3. Paspor asli almarhum/ almarhumah;

  4. Salinan kartu identitas almarhum/ almarhumah;

  5. Pembuatan Surat Keterangan Jenazah/ Abu Jenazah tidak dipungut biaya.


G. Surat Keterangan Pindah

Berdasarkan Pasal 3 (tiga) huruf d Peraturan Menteri Keuangan nomor: 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Bahan Pindahan, pembebasan Bea Masuk diberikan kepada warga negara Indonesia yang karena pekerjaannya pindah dan berdiam di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, yang dibuktikan dengan surat keterangan pindah dan rincian barang yang telah ditandaskan oleh perwakilan Republik Indonesia di negara yang bersangkutan.

Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Pindah adalah sebagai berikut:

  1. Melampirkan daftar barang pindahan dari perusahaan pemindah;

  2. Paspor asli;


H. Surat Keterangan Terjemahan Surat Izin Mengemudi Indonesia

Surat keterangan ini dikeluarkan KBRI untuk pengurusan SIM di Mozambique maupun Malawi. Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Terjemahan SIM Indonesia tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Salinan SIM Indonesia yang masih berlaku;

  2. Salinan paspor pemohon;

  3. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  4. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.


I. Surat Keterangan Nama

Surat Keterangan Nama diterbitkan oleh KBRI dalam rangka menjelaskan sistem penamaan yang lazim berlaku di Indonesia dan ketentuan mengenai perubahan nama. Surat keterangan ini lazim dibutuhkan dalam proses pengurusan ke catatan sipil di Mozambique maupun Malawi. Persyaratan pembuatan Surat Keterangan Nama adalah sebagai berikut:

  1. Salinan paspor pemohon;

  2. Salinan salah satu dari dokumen berikut ini:

    • Kartu Identitas ;

    • Surat Bukti Domisili

  3. Mengisi formulir pendaftaran diri.  Unduh disini.