Paspor dan SPLP

​​

PASPOR REPUBLIK INDONESIA

Unduhan Formulir Apliasi Pengajuan Paspor RI Klik disini

Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) atau Paspor adalah dokumen milik Negara yang harus dilindungi dan dijaga keberadaannya. Pemegang SPRI/Paspor  bertanggung jawab penuh atas SPRI/Paspor  yang dimilikinya. SPRI/Paspor  berlaku untuk masa 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan. Sehubungan dengan hal tersebut, dan demi kepentingan Anda sendiri, perhatikan dan ikutilah petunjuk berikut dibawah ini:

SPRI/PASPOR  YANG PERLU DIGANTI ADALAH :

  1. SPRI/Paspor  yang masa berlakunya telah mencapai lima tahun sejak tanggal dikeluarkannya (enam bulan sebelum tanggal berakhir).
  2. SPRI/Paspor  yang habis halamannya.
  3. SPRI/Paspor  yang hilang (disertai keterangan dari Polisi setempat dan photocopy SPRI/Paspor  dan menjalani proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan serta melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh KBRI)

PROSEDUR DAN PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI

Pembuatan SPRI/Paspor  datang langsung ke Bidang Konsuler KBRI Maputo, Mozambique yang beralamat di Indonesian Embassy In Maputo, Avenida Kenneth Kaunda No. 788, Maputo, Mozambique. Tlp (+258) 21494227, 21494228, 21494229, 21494230. Fax : (+258) 21494231.

1.    Membawa SPRI/Paspor  asli yang lama.

2.    Jika SPRI/Paspor  hilang, harap membawa photo copy SPRI/Paspor  dan surat keterangan dari pihak kepolisian tempat dimana SPRI/Paspor  tersebut hilang, lengkap dengan tanggal, bulan dan tahun serta stempel surat tersebut dibuat.

3.    Jika SPRI Paspor hilang yang bersangkutan harus menjalani proses pembuatan Berita Acara Pemeriksaan serta melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh KBRI

4.    Mengisi Formulir Imigrasi RI (Perdim 14) secara lengkap, jujur dan ditandatangani sendiri oleh pemohon sesuai dengan yang tertera di SPRI/Paspor. Unduh disini

5.    Mengisi Formulir Lapor Diri secara lengkap. Unduh disini.

6.    Menyertakan photo copy Identitas Kartu Tanda Penduduk

7.    Menyertakan copy akte kelahiran / surat nikah / ijazah terakhir.

8.    Menyertakan copy visa tinggal / Resident Visa / Dire / Ijin Tinggal di Mozambique atau Malawi.

9.    Menyertakan pasfoto terbaru dengan latar belakang merah ukuran 4x6 = 2 Lembar

10.  Surat keterangan dari kantor tempat Anda bekerja di Mozambique atau di Malawi.

11.  Membayar biaya administrasi pembuatan SPRI/Paspor  sesuai dengan SK Kepala Perwakilan RI Maputo nomor 0012/KP/VIII/2014 Tahun 2014, Tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Perwakilan Republik Indonesia di Maputo.

  • SPRI/Paspor  biasa 48 halaman untuk WNI perorangan sebesar US$ 29.00
  • SPRI/Paspor pengganti SPRI/Paspor yang hilang / rusak disebabkan oleh kelalaian sebesar US$ 44.00.

12.   Proses pembuatan Paspor RI, 1 (satu) hari kerja, kecuali dalam keadaan tertentu, proses pembuatan bisa memakan waktu lebih lama.

13.  Bagi WNI yang berada di luar Provinsi Maputo, dapat datang langsung ke KBRI Maputo atau mengirimkan berkas permohonan Paspor RI lengkap melalui jasa pengiriman DHL yang ditunjukan ke alamat: Indonesian Embassy in Maputo Mozambique. Avenida Kenneth Kaunda No. 788 R/C,  Maputo, Mozambique. Tlp : +258 21494227-30

14.  Semua biaya pengiriman di tanggung oleh pemohon, dan apabila terjadi kerusakan atau kegagalan dalam pengiriman bukan tanggung jawab KBRI Maputo.

15.  Apabila proses penerbitan paspor telah selesai, pemohon akan di informasikan oleh KBRI Maputo untuk dapat mengambil paspornya. Untuk WNI yang berada di luar kota Maputo atau berada di Malawi proses pengambilan dapat dilakukan menggunakan jasa kurir pengiriman dokumen . Biaya pengiriman paspor di tanggung oleh pemohon paspor dan dibayarkan langsung di kantor DHL terdekat. Berat dokumen paspor tidak lebih dari 0.5 kilogram.