Pameran Dagang Feira Internacional de Maputo (FACIM) ke-50, Maputo, 25-31 Agustus 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?KBRI Maputo – Pameran Dagang internasional FACIM ke-50 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri serta Institute Promosi (IPEX) Mozambique telah berlangsung di Maputo pada tanggal 25-31 Agustus 2014. Pembukaan resmi FACIM ke-50 dilakukan oleh Presiden Armando Guebuza dan penutupannya oleh Perdana Menteri Alberto Vaquina.

Sebagai Pameran tahunan terbesar di Mozambique, acara FACIM diisi dengan pameran produk-produk dari berbagai sektor industri yang meliputi pertanian, transportasi, komunikasi, pariwisata, energi dan industri manufaktur serta penyelenggaraan seminar dan temu bisnis yang melibatkan pengusaha Mozambique, termasuk dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pembukaan Anjungan Indonesia
 Anjungan Indonesia pada FACIM k-50
 

Tercatat lebih dari 2000 peserta exhibitor yang berpartisipasi, termasuk 480 peserta luar negeri yang berasal dari Afrika Selatan, Brasil, Cina, Ghana, Italia, Jerman, Jepang, Kenya, Malawi, negara-negara Nordik, Polandia, Portugal, Swaziland, Tanzania, Turki, Zambia dan Indonesia.

Produk-Produk Indonesia yang dipamerkan
Produk Produk Indonesia yang Dipamerkan
 

Partisipasi Indonesia dalam FACIM ke-50 ini dikoordinir oleh KBRI Maputo yang membuka anjungan dan memamerkan berbagai produk Indonesia dalam bentuk contoh dan brosur yang diterima antara lain dari PT Indofood, PT Pikoli, PT KMI Wire and Cable TBK, PT Wings, PT Dynea Indera, PT Total Chemindo Loka, CV Rafli Snack dan lain-lain. PT Indofood telah mengirimkan seorang staf yang berkesempatan melakukan berbagai pertemuan bisnis dengan kalangan mitra pengusaha Mozambique.

Anjungan Indonesia
 Animo Masyarakat Mozambique yang mengunjungi Anjungan Indonesia
 

Berdasarkan data IPEX, jumlah peserta exhibitor dan pengunjung dalam FACIM ke-50 Ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Khusus anjungan Indonesia, animo pengunjung tampak relatif cukup banyak, yang berasal dari Mozambique dan negara Afrika kawasan selatan.