Indonesia dalam Pameran Internasional Feira Internacional de Maputo (FACIM) ke 49

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pameran Internasional Feira Internacional de Maputo (FACIM) ke-49 diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus – 1 September 2013 di Ricatla, Maracuane (sekitar 30 km sebelah utara ibukota Maputo), Mozambique. FACIM merupakan salah satu pameran tahunan terbesar di wilayah selatan Afrika yang memamerkan produk-produk sektor pertanian, transportasi, komunikasi, Usaha Kecil Menengah, pariwisata, energi dan industri manufaktur. Pameran ini diikuti lebih dari 2000 perusahaan asal Mozambik maupun luar negeri.

 

Tercatat sekitar 480 perusahaan asing dari 18 negara yang turut berpartisipasi, yakni dari Afrika Selatan, Ghana, Tanzania, Zambia, Malawi, Swaziland, Cina, Jerman, Brazil, Kenya, Italia, Polandia, Portugal, Jepang, Argentina, Swedia, Turki dan Indonesia. 

 

Partisipasi Indonesia dalam FACIM ke-49 tahun 2013 yang ke-2 kalinya dengan menyewa 3 booth seluas 27 m2 di Paviliun Nachingweia (no. 76-77-78), merupakan hasil kerjasama Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Luar Negeri dan KBRI Maputo. Delegasi Indonesia sebanyak 11 orang, dipimpin oleh Diah Juli Purwatiningsih (Kasubdit Kerjasama Teknik dan Promosi Industri-Direktorat Wilayah II dan Regional, Ditjen Kerjasama Industri Internasional, Kementerian Perindustrian) terdiri dari pejabat Kemenperin, Kemlu dan pengusaha.

 

Produk-produk yang dipamerkan meliputi brosur dan sampel dari perusahaan  antara lain PT. Pikoli (oli), PT.  Multistrada  Arah Sarana (ban kendaraan bermotor), PT.  KMI  Wire and  Cable TBK (kabel listrik dan komunikasi), PT.  Dynea Indrea (lem Fox dan baterai ABC), PT.  Wings (deterjen SoKlin, sabun cuci dan mandi), PT.  APAC Inti Corpora (tekstil dan garmen), PT. Hilmi Selaras (minuman teh hijau), PT. Niramas Utama (agar-agar dan nata de coco merk Inaco).

 

Dalam sambutan pembukaan, Presiden Mozambik Armando Guebuza menyatakan agar pengusaha setempat dapat memanfaatkan kesempatan untuk menjalin kerjasama baik dengan pengusaha domestik maupun dengan mitra luar negeri. Pada kesempatan tersebut, Presiden juga memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan eksportir Mozambik maupun PMA untuk kinerja terbaik tahun 2012. 

 

Dalam kesempatan FACIM, Delri bersama KBRI Maputo juga mengadakan beberapa pertemuan dengan pengusaha meliputi Tyres Corporation (importir ban dan perusahaan ban vulkanisir), Pyramid Group (importir deterjen), Comércio e Investimentos (distributor Wings Group). Delri juga melakukan courtesy call dengan Confederations of Economics Associations (CTA) yang merupakan organisasi induk dari semua asosiasi dan kamar dagang yang ada di Mozambik. (Sumber : KBRI Maputo)